Tim Dosen Fekon Unilak Bantu Pelatihan Keuangan UMKM di Tenayan Raya

Tim Dosen Fekon Unilak Bantu Pelatihan Keuangan UMKM di Tenayan Raya

PEKANBARU, RIAUREVIEW.COM -Indonesia adalah negara yang memiliki potensi besar untuk pengembangan usaha mikro kecil menengah (UMKM), di dalam UMKM tidak hanya mencakup tentang pengembangan/pengelolaan usaha atau  produksi, tetapi sangat penting juga tentang sistem pengelolaan keuangan.

Rata-rata pelaku UMKM masih belum paham akan pengelolaan keuangan dan masih dikelola secara tradisional.

Berangkat dari hal di atas, tim dosen Fakultas Ekonomi Universitas Lancang Kuning (Fekon Unilak) yang diketuai oleh Dr Jeni Wardi, dan anggota Liviawati, SE, MSi, AK, Gusmarila Eka Putri, SE, MAk membantu 15 pelaku UMKM yang ada di kecamatan Tenayan Raya dengan tema kegiatan PKM (pengabdian kepada masyarakat) Keuangan untuk pelaku UMKM di Kecamatan Tenayan Raya Pekanbaru, beberapa waktu lalu.

Menurut Dr Jeni Wardi yang dihubungi, Kamis(23/01/2020) kegiatan ini merupakan  bagian dari Tri Darma Perguruan Tinggi, kegiatan ini telah rutin dilakukan oleh tim dosen Fekon di masyarakat.

Menurut Jeni, selama ini permasalahan yang dihadapi pelaku usaha disana adalah modal usaha yang terpakai untuk keperluan pribadi sehingga kemudian mereka kesulitan sendiri ketika akan melakukan proses produksi lagi.  Hal ini tidak akan terjadi kalau mereka membuat pencatatan keuangan usaha seperti catatan arus kas masuk dan kas keluar, memisahkan keuangan usaha dengan pribadi, dan membuat anggaran biaya usaha. Dari pelatihan, maka nantinya para pelaku UMKM dapat menerapkan sistem pengelolaan keuangan, sehingga mereka bisa fokus mengembangkan UMKM dan usaha menjadi maju.

Pelatihan ini diikuti oleh lebih dari 15 UMKM dan mendapatkan respon yang baik, menurut salah satu peserta (Ratna), memang benar permasalahan yang dihadapi adalah pengelolaan sistem keuangan, dari pelatihan kami merasa sangat senang dan terbantu dan berharap terus dilakukan kegiatan pendampingan," ujar Jeni yang menyampaikan tanggapan peserta.

Berita Lainnya

Index