De Jong: Gaya Setien Tak Beda Jauh dengan Valverde


PEKANBARU, RIAUREVIEW.COM -Quique Setien diklaim mengembalikan gaya bermain Barcelona ala tiki-taka. Frenkie de Jong menyebut perubahan yang dibawanya tak berbeda dengan Ernesto Valverde.

Setien menjadi pelatih baru Barcelona menggantikan Valverde yang dipecat usai kekalahan di Piala Super Spanyol 2020. Eks juru taktik Real Betis itu dipilih lantaran mendalami gaya permainan menyerang Johan Cruyff yang menjadi fondasi taktik Blaugrana.

Ia diharapkan mampu mengembalikan gaya bermain Barcelona yang kuat dalam penguasaan bola dan umpan-umpan pendek ala tiki-taka. Dua hal tersebut disebut mulai luntur di era Valverde, yang lebih mengadopsi permainan pragmatis dengan Lionel Messi sebagai pusatnya.

Sentuhan taktik Setien mulai terasa dalam dua laga awalnya menghadapi Granada dan Ibiza. Los Cules tercatat melakukan 1005 umpan dan penguasaan bola 82,4 persen saat menang 1-0 vs Granada, serta 78 persen dalam kemenangan 2-1 atas Ibiza.

Salah satu pemain Barcelona yang merasakan perubahan yang dibawa Setien ialah De Jong. Meski demikian, gelandang asal Belanda itu mengklaim apa yang dibawa juru taktik 61 tahun itu tak berbeda dengan pendekatan Valverde sebelumnya.

"Dia tidak meminta sesuatu yang konkret kepada saya. Gagasan yang dia punya sama dengan Valverde, gaya penguasaan bola Barcelona," kata De Jong dilansir detiksport.

"Satu-satunya yang berubah adalah detil-detil kecil, tetapi intensinya adalah untuk menguasai bola. Sepertinya saya lebih mudah mengadaptasinya dan saya senang, tetapi saya tahu jika saya bisa melakukannya lebih baik lagi," De Jong mengungkapkan.




Baca Juga Topik #Barcelona

TULIS KOMENTAR