Unilak Peringkat 191 di Indonesia Versi Lembaga Internasional

Unilak Peringkat 191 di Indonesia Versi Lembaga Internasional

PEKANBARU, RIAUREVIEW.COM -Lembaga direktori pendidikan internasional UniRank merilis daftar pemeringkatan Universitas seluruh dunia, lebih dari 13.600 Universitas di 200 negara yang masuk basis data mereka, termasuk di Indonesia. 

Disitus 4icu.org, untuk negara Indonesia UniRank membuat daftar peringkat 572 perguruan tinggi di Indonesia. Peringkat satu ditempati UGM, dan posisi berikutnya di tempati perguruan tinggi negeri masih berada di atas,  untuk Universitas Lancang Kuning (Unilak) berada  di peringkat 191 dari 570 perguruan tinggi. Jika dilihat berdasarkan provinsi di Riau, hanya beberapa perguruan tinggi yang masuk   diantaranya Uir, Unilak, UPP dan lain-lain.

Dilihat disitus tersebut, pemeringkatan berdasarkan metrik web yang valid, tidak memihak dan tidak dapat dipengaruhi. Data tersebut disediakan oleh sumber-sumber web independen, bukan data yang dikirimkan oleh universitas.

Masuknya Unilak di peringkat 191 tentu disambut baik, dihubungi terpisah Wakil Rektor I Unilak bidang akademik, Zamzami SKom, MKom mengatakan, "informasi peringkat ini tentunya sangat baik, ini bisa jadi informasi awal bagi calon mahasiswa, masyarakat, orang tua untuk dapat memilih Unilak untuk kuliah." 

"Jika dilihat, jumlah perguruan tinggi di Indonesia dibawah kementerian pendidikan dan kementerian agama lebih dari 4500 perguruan tinggi, artinya tidak banyak yang masuk pemeringkatan oleh UniRank dan perlu diketahui juga, beberapa bulan lalu Unilak masuk peringkat utama kategori perguruan tinggi bidang penelitian yang dikeluarkan oleh Dikti," ujar Zamzami.

Dijelaskan Zamzami, ini merupakan kabar baik terlebih saat ini sedang menerima mahasiswa baru, Unilak akan terus meningkatkan kualitas, penelitian, jurnal dan lain-lain. 

UniRank (4icu.org) menilai berdasarkan data data digital, tentunya ini akan menjadi tolak ukur bagi Unilak untuk terus meningkatkan teknologi informasi berbasis digital.

Sebagai informasi tambahan, UniRank menjelaskan syarat perguruan tinggi untuk masuk seleksi adalah perguruan tinggi mendapatkan akreditasi dari lembaga sah di masing-masing negara. Kedua, perguruan tinggi harus mempunyai program S1 dan pascasarjana, serta kuliah dilakukan dengan metode tatap muka.

UniRank mengklaim sebagai direktori pendidikan tinggi internasional dan mesin pencari yang menampilkan ulasan dan peringkat lebih dari 13.600 universitas yang diakui secara resmi di 200 negara.

Berita Lainnya

Index