Perkuat Smart City Madani, Unilak Kerjasama dengan Balitbang Pekanbaru

Perkuat Smart City Madani, Unilak Kerjasama dengan Balitbang Pekanbaru

PEKANBARU, RIAUREVIEW.COM -Pemerintah kota Pekanbaru dan Universitas Lancang Kuning (Unilak) memiliki kesamaan untuk mewujudkan pembangunan  kota yang Smart City Madani, sebagai mana program Walikota  Dr Firdaus, ST, MT.

Keberadaan Unilak yang telah 38 tahun berada di kota Pekanbaru turut membantu perkembangan kemajuan kota, melalui berbagai kegiatan penelitian dan pengabdian dari dosen Unilak seperti program bank sampah, sosialisasi pengetahuan  hukum, sosialisasi keamanan kelistrikan dan peningkatan UMKM merupakan bukti nyata dukungan Unilak bagi pemerintah kota.

Untuk terus meningkatkan kerjasama, kepala Balitbang Pekanbaru, Masykur Tarmizi melakukan kunjungan ke Unilak, disambut ramah oleh Rektor Unilak Dr Junaidi, turut hadir Wakil Rektor I Zamzami, SKom, MKom dan LPPM Unilak, Selasa (18/02/2020)

Dalam pertemuan selama satu jam, terjalin diskusi dan rencana-rencana untuk meningkatkan kerjasama khususnya dengan Balitbang kota. Ditemui usai pertemuan, Kepala Balitbang Pekanbaru Tarmizi mengatakan, ini bagian strategi Balitbang kota Pekanbaru untuk mengintensifkan komunikasi dengan perguruan tinggi di Pekanbaru dan Riau Khususnya, sebelumnya, kami telah berkunjung ke UIN dan PCR, tujuannya adalah menjalin kerjasama dan Penelitian yang mana dapat membantu program-program pemerintah kota Pekanbaru.

Dijelaskan Tarmizi hasil pertemuan dengan Rektor Unilak disambut positif, unsur-unsur yang hadir ada dari  LPPM dan peneliti. Harapan kami akan banyaknya kerjasama penelitian yang dilakukan dosen-dosen terkait isu-isu strategis lingkungan, infrastruktur dan keagamaan.

"Salah satunya terkait program Mesjid paripurna dan pak Rektor memberikan apresiasi atas program walikota dan Rektor juga memberikan masukan, ide-ide brilian sehingga program ini bisa lebih maju dan berkembang," pungkas Tarmizi.

Sementara itu Rektor Unilak Dr Junaidi, di tempat yang sama mengatakan, Kita mengimplementasikan kerjasama Unilak dengan pemko Pekanbaru, 

"kita sudah ada MoU dengan pemerintah kota Pekanbaru dan pertemuan dengan Balitbang untuk mengimplementasi, kita akan membuat riset bersama dengan Balitbang kota Pekanbaru yang mengarah kepada persoalan yang  dihadapi Pekanbaru, seperti sampah, membantu program smart city Madani. Harapannya kerjasama ini cepat terealisasi," sebut Rektor.

Berita Lainnya

Index