Selain MoU dengan Unilak, BI Berikan Beasiswa Kepada Mahasiswa

Selain MoU dengan Unilak, BI Berikan Beasiswa Kepada Mahasiswa

PEKANBARU, RIAUREVIEW.COM -Universitas Lancang Kuning (Unilak) melakukan kerjasama dengan Bank Indonesia (BI) kantor perwakilan Provinsi Riau. Penandatanganan MoU dilakukan Rektor Unilak Dr Junaidi, SS, MHum dan BIP Perwakilan Riau Teguh, di aula Pustaka Unilak, Kamis (20/02/2020).

Tutur hadir Wakil Rektor III bidang kemahasiswaan dan kerjasama Dr Bagio Kadaryanto, dan jajaran wakil dekan III. Dari BI hadir Teguh Setiaji Kepala divisi advisor dan pengembangan ekonomi kantor perwakilan BI Provinsi Riau. Selain MoU, juga dilakukan sosialisasi beasiswa BI.

Di tahun 2019 BI memberikan beasiswa kepada 50 mahasiswa dari beberapa fakultas di Unilak, setiap mahasiwa mendapatkan Rp12 juta selama setahun, dan di tahun 2020 menjadi tahun kedua bagi Unilak.

Rektor Unilak Dr Junaidi, SS, MHum dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada Bank Indonesia yang telah memberikan beasiswa bagi mahasiswa Unilak, dan alhamdulillah Bank Indonesia kembali mensosialisasikan beasiswa tahun 2020.

“Ini adalah bentuk perhatian Bank Indonesia kepada Unilak, bahwa beasiswa ini tidak semua perguruan tinggi diberikan, ini adalah peluang terbuka bagi mahasiswa Unilak, maka dari itu persiapkan persyaratan lebih awal,” ujar Rektor.

Rektor juga berpesan untuk penerima beasiswa, harus rajin belajar dan syarat minimal IPK 3, gunakan beasiswa untuk kegiatan yang produktif untuk kebutuhan kuliah sehingga nilai akademik bagus dan dapat cepat selesai kuliah.

Ditambahkan Rektor, Unilak juga telah menyiapkan bagaimana mahasiswa bisa magang dan berkarir di perusahaan-perusahaan, tidak itu saja, mahasiswa penerima beasiswa Unilak juga dilatih berstandar BNSP. Contohnya, pelatihan digital marketing, dan diharapkan mahasiswa mampu berwirausaha atau berbisnis online dan mandiri. Hari ini peluang Mahasiswa untuk dapat uang terbuka lebar.

“Mudah-mudahan bisa terus bekerjasama dan semoga Bank Indonesia tahun depan dapat menambah kuota jumlah penerima beasiswa,” tutup Rektor.

Sementara itu Teguh Setiadi, diawal sosialiasi menjelaskan peranan Bank Indonesia. Dikatakan, peranan BI adalah, menetapkan dan melaksanakan kebijakan moneter, mengatur dan menjaga kelancaran sistem pembayaran, melakukan pengaturan dan pengawasan makro prudential.

Di Riau beasiswa diberikan ke PTN negeri, yaitu UNRI dan UIN, dan Unilak PTS. Program beasiswa ini tersebar di seluruh Indonesia, melalui kegiatan ini juga bagian dari sosialisasi atau memperkenalkan dan mendekatkan Bank Indonesia kepada mahasiswa dan masyarakat Riau.

Berita Lainnya

Index