BUMDes Perjuangan Desa Pedekik Gelar Gebyar Bagi Hasil

BUMDes Perjuangan Desa Pedekik Gelar Gebyar Bagi Hasil

BENGKALIS, RIAUREVIEW.COM -BUMDes Perjuangan Desa Pedekik Kec.Bengkalis menggelar acara gebyar bagi hasil, acara berpusat di halaman kantor Kepala Desa Pedekik, Kamis (12/3/2020).

Hadir dalam acara tersebut Kadis DPMD Yuhelmi, Sekcam Rafli Kurniawan, S.STP, Korkab Bidang Ekonomi, Fakhtiar Kodri, Kasi PMD, Pj.Kepala Desa Pedekik, Khaidir, Para aparatur pemerintahan desa serta tamu undangan.

Acara dibuka dengan doa dilanjutkan sambutan direktur BUMDes Tasdir. Dalam sambutannya tasdir mengatakan bahwa hingga saat ini BUMDes perjuangan telah mengelola dua unit usaha yaitu usaha keuangan USP serta usah penyewaan tenda, Tasdir berharap bahwa masyarakat dapat mendukung usaha diantaranya dengan menyewa tenda BUMDes serta di unit USP Dapat meminjam dengan tidak menunggak sehingga kehadiran BUMDes dapat menambah PADes.

"Mudah-mudahan mendatang akan bertambah PADes desa Pedekik," ujar Tasdir.

Sementara itu Pj.Kades Khaidir dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada pengurus BUMDes yang selalu berkoordinasi dengan pemerintah desa dengan hal tersebut sehingga tercipta  hubungan baik dapat memercepat perkembangan BUMDes mendatang, selain itu Khaidir juga berharap agar masyarakat dapat menjaga keberlangsungan dana USP, menurutnya jika banyak masyarakat yang menunggak akan menghambat perkembangan USP tersebut.

"Kepada masyarakat marilah kita jaga dana yang dikucurkan salah satunya unit simpan pinjam, kalau macet maka kegiatan USP akan susah," ujarnya.

Sementara itu, Sekcam Rafli Kurniawan mengingatkan Bahwa ada beberapa desa di kecamatan bengkalis yang berhasil menyumbangkan PADes besar diantaranya desa wonosari sebesar 50 juta, penebal dan ketamputih sebesar 30 Juta, haltersebut hendaknya dijadikan motivasi bagi desa-desa yang lain, ia juga mengatakan perlunya dilakukan study kelayakan usaha pada usaha BUMDes.

"Kita berharap unit-unit terbentuk dapat berkembang betul sesuai dengan potensi yang ada didesa dan dilakukan uji kelayakan usaha," katanya.

Sementara itu, Kadis DPMD, Yuhelmi dalam sambutannya mengatakan, bahwa BUMDes harus mampu menggerakkan masyarakat dari tidak mampu menjadi mampu, selain itu Yuhelmi juga memberi motivasi agar Bumdes desa Pedekik bisa melakukan inovasi dalam membuka peluang usaha.

"BUMDes bisa kekerjasama dengan bulog dalam menyediakan 9 bahan pokok, atau menjadi pemasok baju anak-anak sekolah, intinya harus melakukan banyak inovasi," katanya.

Selanjutnya acara dilanjutkan dengan pemberian santunan terhadap kaum fakir miskin dan kaum dhuafa, serta acara bagi-bagi hadiah terhadap pemanfaat lancar. (rf) 

Berita Lainnya

Index