Fakultas Kehutanan Harus Lebih Berkontribusi Dalam Persoalan lingkungan dan Hutan

Fakultas Kehutanan Harus Lebih Berkontribusi Dalam Persoalan lingkungan dan Hutan

PEKANBARU, RIAUREVIEW.COM -Tepat di hari Jumat pagi (13/03/2020), Fakultas Kehutanan Universitas Lancang Kuning (Unilak) telah berusia 22 Tahun, civitas akademika Fakultas Kehutanan menggelar syukuran dan tausiah agar Fakultas Kehutanan terus maju dan berkontribusi bagi masyarakat bangsa dan negara. Acara syukuran dihadiri oleh Rektor Unilak Dr Junaidi, SS, MHum, pendiri Fakultas yang juga guru besar Unilak Prof Dr Syafrani, dekan Kehutanan Ir Emmy Sadjati, MSi, dan civitas akademika dan Mahasiswa. Pelaksanaan syukuran juga diisi dengan tausiah.

Dekan fakultas kehutanan Ir Emy Sadjati, MSi dalam sambutannya menyampaikan tentang awal mula berdirinya Fakultas Kehutanan diawali dari program studi manajemen hutan dan 

Teknologi hasil hutan, dan ada tiga orang pendiri yaitu, Prof Dr Syafrani, Almarhum Drs Subagio dan almarhum Ir Hamdani Adeli.

"Tepat 13 Maret 1998, Fakultas Kehutanan berdiri,kami berharap pendiri dam pimpinan universitas terus mendorong dan membina Fakultas Kehutanan dalam pengembangan sehingga turut berperan dalam mencapai visi unilak unggul 2030," ujar Emmy.

Sementara itu salah satu pendiri Fakultas Prof Syafrani menjelaskan awal mula berdirinya fakultas, dengan rasa  haru dan berkaca kaca, menjelaskan bahwa ada tiga pendiri Fakultas dan saya sekarang yang masih hidup.

"Perjuangan saat masa itu sangat berat, gedung yang belum ada dan meyakinkan Rektor saat itu, dan mengurus persyaratan pendirian kemudian dibawa ke Jakarta dengan menaiki bus Lorena,  dan saat ini proposal  asli pendirian akan saya serahkan ke dekan Ujar Prof Syafrani mengisahkan.

Diakhir sambutannya ia mengutip kata-kata Buya Hamka, kalau ingin di Kenang  orang sepanjang hidup maka buatlah prestasi, agar kita selalu hidup. Maka dari itu selalu berpikir prestasi agar selalu diingat dan kita tidak dianggap mati.

Rektor Unilak Dr Junaidi, mengucapkan sangat berterimakasih kepada pendiri Fakultas Kehutanan dan civitas akademika. "Dan kita bangga (kehutanan) bisa berdiri di provinsi Riau, Unilak berencana pendirian S2 kehutanan dan  sudah menjadi mimpi kita. Fakultas kehutanan dan unilak ingin konses terhadap persoalan lingkungan dan  kehutanan di Riau dan Indonesia, Fakultas Kehutanan harus bisa memberikan kontribusi, saya yakin pendirian S2 akan memberikan dampak positif bagi masyarakat," katanya. 

Ditambahkan di saat milad ini kita juga harus renungkan apa yang telah dicapai dan apa yang akan dilakukan kedepan, sehingga bisa dirasakan manfaatnya. Dan saya mendorong dosen dosen yang belum S3 untuk dapat melanjutkan, saat ini Unilak juga  ada arboretum mari kita jaga dan kelola menjadi ekowisata bisa dilakukan oleh fakultas kehutanan.

Berita Lainnya

Index