Maung Institute: Perlakuan Luhut pada Amien Rais Bisa Dikategorikan Pidana

Maung Institute: Perlakuan Luhut pada Amien Rais Bisa Dikategorikan Pidana

RIAUREVIEW.COM -Masyarakat Unggul (Maung) Institute Bandung menyesalkan tindakan Menko Kemaritiman Luhut B. Panjaitan yang menista dan mengancam tokoh nasional Amien Rais karena kritiknya kepada pemerintahan Jokowi Widodo.

Ketua Maung Institute M. Rizal Fadillah mengatakan penistaan dan ancaman Luhut sebagai perilaku emosional, anti kritik, penyimpangan kekuasaan serta keangkuhan jabatan.

"Tak pantas disampaikan oleh seorang pejabat negara," ungkapnya, Selasa (20/3).

Jelas Rizal, penistaan adalah pelanggaran hukum. Meski Amien tidak melakukan langkah hukum, tindakan Luhut dapat dikategorikan perbuatan pidana.

"Kualitas menteri pemerintahan Jokowi ini sungguh memprihatinkan, selayaknya Presiden harus berani menindak Luhut karena sadar atau tidak telah mencoreng karakter dirinya sebagai pemimpin," terangnya.

Selain itu,  yang  Luhut lakukan sudah berulang,  seperti  pembelaan mati-matian soal reklamasi yang  menyakiti rakyat dan bangsa Indonesia.

Baca juga: Kritik Amin Penguasaan Lahan Koorporasi: Ditanggapi Kemarahan Luhut

"Kasus penistaan dan pengancaman kepada tokoh nasional Amien Rais tak bisa dibiarkan. Budaya kritik tak bisa dibungkam. Harus ada perlawanan pada sikap otoritarian. Ganti Luhut Pak Presiden, jika tidak, maka gema 'Ganti Presiden' pada 2019 memang suatu keniscayaan," pungkas Rizal Fadillah.

Menko Kemaritiman Luhut B. Panjaitan menangkis kritikan tokoh bangsa Amien Rais  mengenai program pembagian sertifikat tanah.

Luhut marah besar atas pernyataan yang dilontarkan Amien yang menyebut pembagian sertifikat oleh Jokowi adalah ngibul atau bohong. Luhut juga tidak terima tudingan Amien bahwa pemerintah membangkitkan kembali PKI, termasuk pemerintah berniat menjual aset negara ke swasta dan asing.

Atas tudingan tersebut, Luhut memperingatkan politisi senior PAN itu agar lebih berhati-hati dalam bertutur kata. Bahkan, Luhut juga sempat melontarkan kalimat ancaman kepada Amien.

"Jangan asal kritik saja, nanti kamu jadi pejabat saya tahu kok track record kamu. Saya bisa cari dosamu, emang kamu siapa?" ujar Luhut. [rus]

Sumber: rmol.co

Berita Lainnya

Index