5 Orang Positif Corona di Sumatera Barat

5 Orang Positif Corona di Sumatera Barat
Ilustrasi.

JAKARTA, RIAUREVIEW.COM -Lima warga Sumatera Barat dinyatakan positif virus corona (Covid-19) berdasarkan hasil tes spesimen dari laboratorium Universitas Andalas (Unand) dan Litbangkes Kementerian Kesehatan (Kemenkes) yang telah diterima pemerintah setempat.

"Sampai pukul 16.30 WIB dapat kami informasikan bahwa warga Sumatera Barat yang telah dinyatakan positif Covid-19 sebanyak lima orang," kata Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno dilansir CNNIndonesia, Kamis (26/3).

Lima orang yang positif itu, dua dari hasil pemeriksaan dari Laboratorium Fakultas Kedokteran Unand dan tiga dari Laboratorium Litbang Kemenkes RI.

Berdasarkan data pasien tersebut satu orang dari Padang, satu orang dari Pesisir Selatan, satu orang dari Tanah Datar dan dua orang dari Bukittinggi.

"Saat ini, seluruh pihak terkait telah mengambil langkah penting diantaranya menelusuri orang-orang yang pernah kontak dekat dengan lima orang yang dinyatakan positif Covid-19 tersebut," katanya.

Universitas Andalas melakukan uji spesimen pemeriksaan swab berdasarkan izin Litbang Kemenkes. Dengan izin ini maka mulai hari ini dan selanjutnya warga yang berstatus orang dalam pemantauan (ODP), pasien dalam pengawasan (PDP), secara bertahap akan diuji di sana.

Irwan kemudian mengimbau masyarakat untuk mengikuti anjuran kesehatan pemerintah pusat, antara lain menghindari kerumunan, menjaga jarak, cuci tangan, olahraga dan berjemur sinar matahari pagi.

Warga Sumbar juga diminta konsumsi makanan bergizi agar imunitas tubuh meningkat, memakai masker, dan tidak keluar rumah jika tak ada keperluan sangat mendesak.

Sementara kepada perantau, Irwan mengimbau agar menunda pulang kampung.

Berita Lainnya

Index