Bupati Irwan : Ada Satu Warga Dinyatakan Positif Virus Corona

Bupati Irwan : Ada Satu Warga Dinyatakan Positif Virus Corona

SELATPANJANG, RIAUREVIEW.COM -Bupati kepulauan Meranti H Irwan MSi membenarkan bahwa adanya satu warganya dinyatakan positif berdasarkan hasil dari rapid test yang dilakukan, jum'at (10/4/2020). 

Adapun warga Meranti yang dinyatakan positif virus Corona tersebut berinisial F (26) warga Kecamatan Tebing Tinggi. 

Dijelaskan Irwan, kira-kira tiga minggu yang lalu F ini diundang oleh sahabatnya untuk menghadiri pesta pernikahan di Serang Banten. Kemudian dari sana sempat menginap di Jakarta 2 hari atau 3 hari baru pulang ke Selatpanjang melewati Pekanbaru

Beberapa hari setelah berdasarkan keterangan keluarganya yang bersangkutan terserang penyakit flu dan disertai dengan panas tinggi. Lalu dia sempat berobat ke salah satu rumah sakit. Beberapa hari sampai dengan obatnya habis namun tidak sembuh juga F melanjutkan berobat ke salah seorang dokter praktik.

Kemudian dia pun mengonsumsi obat dokter, namun sampai obatnya habis tidak kunjung sembuh juga. Pada hari ke-15 yang bersangkutan masuk kantor tempat ia bekerja yaitu di Kantor Badan Amil Zakat Nasional yang ada di Masjid Raya Selatpanjang. Ketika itu yang bersangkutan sempat  tidak sadarkan diri atau pingsan, dan dibawa pulang kembali ke rumah untuk dirawat oleh keluarganya

Beberapa hari kemudian tepatnya pada Kamis (9/4/2020) F pergi keluar dan jatuh pingsan, dibantu oleh tukang becak dan dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah.

Pihak RSUD Kepulauan Meranti langsung melakukan rapid test. Dan hasilnya menunjukkan bahwa korban positif terinfeksi wabah Covid-19.

"Ini artinya cuma berpotensi, bukan sudah pasti tertular virus Corona," kata Irwan.

"Ia belom bisa dikatakan positif Corona karena harus dibuktikan dengan pemeriksaan  kedua di laboraturium, dengan mengambil lendir yang ada di tenggorokan dan hidung pasien untuk dikirimkan ke Jakarta," sebutnya.

Tim Gugus Tugas Covid-19 sedang mendata siapa saja yang pernah melakukan kontak fisik dengan korban, dan hasilnya ada 18 orang yang sudah melakukan kontak fisik

"18 orang ini kemudian dilakukan rapid test, dan alhamdulillah hasilnya negatif," imbuhnya

Untuk diketahui saat ini pasien sedang dirawat di ruang isolasi khusus RSUD Selatpanjang sambil menunggu hasil dari swab test yang sekarang ini sudah dikirim ke Jakarta.

Bupati berharap kepada warga Kampung Baru khususnya, dan umumnya warga Meranti, untuk bersama-sama menjaga kesehatan dan keselamatan diri masing-masing dan keluarga.

"Alhamdulillah hari ini semua yang ada disini semuanya sudah menggunakan masker, menjaga jarak. Saya mengimbau untuk tidak bersalaman untuk sementara waktu itu sampai dengan Covid-19 dinyatakan aman oleh pemerintah," tutupnya. (tom) 

Berita Lainnya

Index