Peresmian Pelayanan Disdukcapil Berjalan Sukses, MenPANRB: Berikan Pelayanan Terbaik bagi Masyarakat


PEKANBARU, RIAUREVIEW.COM -Pelaksanaan puncak Hari Ulang Tahun (HUT) ke I Mal Pelayanan Publik (MPP) dan peresmian pelayanan kantor Disdukcapil berjalan sukses dan lancar.

Menteri Pemberdayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Tjahjo Kumolo langsung menghadiri kegiatan tersebut, Rabu (11/3/2020) yang dipusatkan di halaman Kantor Mal MPP Pekanbaru Jalan Sudirman.

Saat itu, Tjahjo Kumolo datang mengenakan batik berwana coklat. Eks Menteri Dalam Negeri ini mendapat sambutan hangat sejumlah pejabat Riau, terutama Wali Kota Pekanbaru DR H Firdaus ST MT dan Kepala DPMPTSP Pekanbaru M. Jamil serta unsur Forkominda lainnya.

Selain dihadiri oleh MenPAN RB, hadir Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri Prof. Zudan Arif Fakrullah, Deputi Bidang Pelayanan Publik, Prof. Dr. Diah Natalisa MBA, Wakil Gubernur Riau Edi Natar Nasution.

Dalam paparannya, Menpan RB Tjahjo Kumolo menjelaskan bahwa pengelolaan pelayanan sebuah sistem yang mengalami pembaruan sehingga menjadi suatu kesatuan yang utuh seperti MPP Pekanbaru ini.

Karena MPP di Pekanbaru ini termasuk yang terbaik di Indonesia sebab pengurusanya sangat cepat dan mudah bagi masyarakat. Selain itu, katanya, penerapannya integrasi pelayanan tersebut membutuhkan sejumlah hal. Diantaranya koordinasi, komunikasi, dan komitmen dari semua pihak.

''Oleh sebab itu, integrasi pelayanan dalam MPP bukan hal yang mudah. Maka dari itu, membutuhkan koordinasi, komunikasi, dan komitmen pimpinan yang kuat,'' ujar Tjahjo Kumolo.

Pada kesempatan ini, ia berharap kepada Kabupaten/kota agar berinovasi menerapkan integrasi seperti MPP Pekanbaru dalam meningkatkan kulitas pelayanan. Sehingga integrasi tersebut dapat mendorong investasi lokal dan international.

“MPP Pekanbaru menjadi unit pelayanan yang tidak hanya mampu ditiru kabupaten/kota, tapi untuk seluruh daerah lain di Indonesia. Selain itu, mampu melakukan berbagai inovasi dalam upaya memberikan layanan berkualitas dan mendorong investasi lokal dan internasional. Pelayanan di MPP ini termasuk pelayanan yang terbaik di Indonesia. Kita juga salut dan bangga dengan adanya MPP di Pekanbaru ini,” sebut Tjahjo Kumolo.

Bersamaan dengan HUT MPP ke-1 ini, Tjahjo Kumolo juga meresmikan pelayanan di kantor Disdukcapil Pekanbaru.

Sementara itu, Wali Kota Pekanbaru, DR H Firdaus ST MT mengatakan, bahwa saat ini jenis layanan yang ada di MPP Kota Pekanbaru berjumlah sebanyak 32 layanan. Dengan begitu diharapkan kedepannya tentu akan bisa memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat.

''Ya, kita terus melakukan inovasi dan peningkatan dalam layanan terhadap masyarakat. Sehingga dengan adanya pelayanan secara integrasi ini bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Kota Pekanbaru,'' harap Firdaus.

Hadir dalam peresmian itu, Dirjen Dukcapil Kemndagri RI, Zudan, Kapolda Riau, Irjen Pol Agung Imam Setya Effendi. Selain itu Wakil Wali Kota Pekanbaru, Ayat Cahyadi serta Forkopimda di lingkungan Kota Pekanbaru dan Provinsi Riau.

Selanjutnya, acara dengan penyerahan piagam predikat tenan terbaik MPP Pekanbaru kepada Wali Kota Pekanbaru Firdaus dan menandatangani plakat peresmian gedung MPP Administrasi Kependudukan (Adminduk).

Tiga tenan terbaik MPP Pekanbaru itu adalah Kantor Pertanahan Kota Pekanbaru, Kantor Imigrasi kelas I, dan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Pekanbaru.

Seusai penyerahan tiga piagam itu, Menpan RB beserta rombongan mengunjungi gedung MPP Adminduk Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) yang berada dalam satu komplek dengan MPP Pekanbaru. (Adv)



TULIS KOMENTAR