FIB Unilak Gelar Pelatihan Pustakawan se-Pekanbaru

FIB Unilak Gelar Pelatihan Pustakawan se-Pekanbaru
PEKANBARU, RIAUREVIEW.COM -Untuk meningkatkan kemampuan pustakawan yang ada di Pekanbaru, Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Lancang Kuning (Unilak) menggelar Pelatihan Pembuatan Koleksi Bahan Rujukan Umum Menggunakan Toolbox pada hari Kamis (29/3) di ruangan Seminar Gedung FIB.
 
Pelatihan ini dikuti oleh 35 orang peserta. Peserta terdiri dari pustakawan Badan Pengkajian Teknologi Pertanian, Pustakawan Perguruan tinggi, dan Pustakawan Sekolah yang ada di Kota Pekanbaru.
 
Pelatihan ini dibuka secara resmi oleh Drs. Rosman, M.Hum yang juga selaku Kepala Program Studi Ilmu Perpustakaan. Dalam sambutannya Drs. Rosman, M.Hum mengatakan kegiatan pelatihan ini sangat berguna sekali bagi seorang pustakawan. Di mana ilmu pengetahuan termasuk ilmu perpustakaan tiap harinya terus berkembang. Adanya pelatihan ini sebagai bentuk update kita terhadap perkembangan ilmu saat ini.
 
“Supaya kemampuan mereka di dalam mengolah perpustakaan sebagai pusat informasi itu terus berkembang dan mereka bisa memajukan pustaka tempat mereka bekerja” ujar Drs. Roesman.
 
Pelatihan ini dimentori oleh Drs. Roesman, M.Hum yang membahas materi Pengetahuan Umum Bahan Rujukan Umum, dilanjutkan dengan materi Penyusunan Bahan Rujukan Umum yang disampaikan oleh Nining Sudiar, M.IP  dan ditutup dengan materi Penggunaan Toolbox Dalam Pembuatan Bahan Rujukan Umum yang dibawakan oleh Wakil Dekan I FIB Fiqru Mafar.MP.
 
Dalam pelatihan ini peserta bersama-sama praktik membuat tiga jenis bahan rujukan umum, yaitu kamus, kumpulan abstrak, dan bibliografi.
 
Ketua Pelaksana kegiatan pelatihan ini Nining yang ditemui saat wawancara mengatakan bahwa saya sangat berharap ilmu ini dapat diaplikasikan diperpustakaan mereka masing – masing.
 
“Kedepannya pustakawan-pustakawan tidak hanya mengolah koleksi yang ada, tetapi mereka dapat membuat koleksi yang baru” tutup Nining Sudiar,M.IP.
 
Pelatihan ini digelar selama satu hari penuh.

Berita Lainnya

Index