Daftar Nama Jalan Ditutup Ternyata Informasi Bohong

Zul Asri: “Itu Informasi Hoax, Bukan dari Dishub"

Zul Asri: “Itu Informasi Hoax, Bukan dari Dishub
Informasi Hoax beredar soal penutupan ruas jalan selama pemberlakukan PSBB di Bengkalis, Kamis (14/5/2020).(Sukardi)

BENGKALIS, RIAUREVIEW.COM -Ditengah wabah Covid-19 beragam informasi berseliweran di dunia maya, baik Facebook, WhatsApp dan media sosial ainnya. Untuk itu diharapkan, masyarakat bisa menjadi pembaca cerdas dan tidak langsung menerima bulat-bulat atas informasi yang beredar. Sehingga, informasi tersebut tidak meresahkan masyarakat.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bengkalis melalui Sekretaris Dishub Bengkalis H. Zul Asri, Kamis (14/5/2020). Menurut Zul Asri, adanya informasi menyesatkan, yaitu daftar ruas jalan yang dilakukan pembatasan selama PSBB itu adalah informasi bohong atau Hoax. “Hoax tu, itu bukan dari Dinas Perhubungan,” ujar Zul Asri.

Terkait dengan PSBB, sambung Zul Asri, pihaknya memang ada mengeluarkan daftar ruas jalan yang akan dilakukan pembatasan selama PSBB. Namun belum bisa di sampaikan ke publik karena peraturan bupati (Perbup) belum ditandatangani. 

“Nanti kalau Perbup dah ditandatangani baru bisa  kita ekspos,” ujarnya.

Informasi hoax itu, sempat beredar dan diposting oleh salah seorang ASN di Satpol PP Kabupaten Bengkalis. Klaimnya juga sama, jika informasi yang beredar adalah hoax.  Daftar dalam secarik kertas itu kabar, menjelang diberlakukannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kabupaten Bengkalis pada Jumat (15/5/2020),  akan dilakukan penutupan. Dalam daftar itu, disebutkan, akses jalan mulai di tutup dari pukul 16.00 WIB - 00.00 WIB.

Daftar penutupan lokasi atau titik jalan itu, hanya melampirkan daftar 5 akses jalan yang ada di Kecamatan Bengkalis dan 1 akses jalan di Kecamatan Mandau. 

Disebutkan untuk di Kecamatan Bengkalis akses jalan yang ditutup adalah Jl. Bengkalis (Simpang Sungai Bengkel) – Simpang Buah. Kemudian Simpang Lapangan Tugu – Simpang 4 Hang Tuah, Simpang 4 Hang Tuah – Simpang 3 Antara, Simpang 3 Ahmad Yani – Simpang 3 HS Subrantas, dan terakhir Simpang 3 HS Subarantas – Simpang 3 Sungai Bengkel. Sedangkan untuk di Kecamatan Mandau hanya terlihat 1 ruas jalan yaitu Jalan Jenderal Sudirman – Simpang Pokok Jengkol. Daftar penutupan ruas jalan tersebut semua sama yaitu mulai dari pukul 16.00 WIB – 00.00 WIB.

Beredarnya daftar ruas  jalan yang ditutup selama PSBB berlangsung  tersebut sempat juga diluruskan oleh salah seorang Kabid di Saptol PP Bengkalis, Hengki Irawan. Di salah sebuah grups whatsapp, Hengki mengatakan kalau informasi tersebut hoax. 

“Hoax saya TIM gugus kami belum ada mengeluarkan batasan,” ujarnya meluruskan. (kr)

Berita Lainnya

Index