Statement Indonesia Bubar: Elektabilitas Prabowo Bisa Turun

Statement Indonesia Bubar: Elektabilitas Prabowo Bisa Turun
Foto: Ilustrasi Internet

JAKARTA, RIAUREVIEW.COM - Yunarto Wijaya (Pengamat politik dari Charta Politika), menilai komentar frontal dari Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto bisa saja turunkan elektabilitas dirinya, hanya akan membuat dirinya menjadi kritikus dan bukan negarawan.

"Kalau hanya melakukan kritik tanpa solusi dan berbicara hal-hal besar saja tanpa bicara mengenai isu perkebijakan, menurut saya Prabowo hanya akan dilihat sebagai kritikus, bukan negarawan, bukan pemberi solusi yang bisa meningkatkan elektabilitas buat Prabowo sendiri," kata Yunarto pada Republika.co.id, Senin (2/4).

Tuturnya lagi, adalah hal yang wajar dalam kehidupan berdemokrasi. Akan tetapi, kritik yang tidak disertai solusi tidak akan memberikan dampak positif bagi si pemberi kritik. Justru bisa berbalik menjadi hal negatif bagi pengkritik.

Selanjutnya, Prabowo sempat mengatakan Indonesia akan bubar 2030 berdasarkan penelitian dari luar negeri dan elit partai bermental maling. Terkait hal tersebut, Yunarto menilai komentar itu tidak akan membantu Prabowo mengambil empati masyarakat.

"Berbicara Indonesia bubar 2030 lalu kemudian mental maling misalnya. Itu bahasa yang mencerminkan keputusasaan seorang oposisi dalam memberikan solusi," kata dia.

Ia menambahkan, saat ini masyarakat tidak membutuhkan seorang kritikus saja. Akan tetapi, pemimpin yang akan dipilih masyarakat juga diharapkan bisa memberikan solusi terhadap permasalahan yang ada di negara ini.

"Bisa berpotensi menurunkan elektabilitas, karena orang tidak melihat dia punya kapasitas pemimpin yang memberikan solusi, tapi hanya cocok menjadi oposisi yang memberikan kritik," lanjut Yunarto.

Sumber: REPUBLIKA.co.id

Berita Lainnya

Index