Juergen Klopp Punya Kemampuan Jadi Kanselir Jerman

Juergen Klopp Punya Kemampuan Jadi Kanselir Jerman

DORTMUND, RIAUREVIEW.COM -Juergen Klopp merupakan salah satu pelatih karismatik. Klopp bahkan diyakini mampu menjadi Kanselir Jerman di masa depan kalau memutuskan terjun ke politik.

Pandangan tersebut diungkapkan oleh direktur pelaksana Borussia Dortmund  Carsten Cramer. Sebelum menangani Liverpool, Klopp pernah menghabiskan tujuh tahun yang sukses bersama skuad Die Borussen.

Di bawah arahan Klopp, Dortmund berhasil mendobrak hegemoni Bayern Munich dengan merebut dua titel Bundesliga dan satu Piala DFB. Skuad Kuning-Hitam juga dibawanya melaju ke final Liga Champions 2013, kendati pada akhirnya tumbang 1-2 di tangan rival beratnya itu.

Cramer menilai Klopp memiliki kemampuan berpidato yang luar biasa. Saking bagusnya skill tersebut, Klopp dinilai berpotensi menjadi pemimpin Jerman.

"Banyak karakteristik klub kami adalah intensitas, emosi, dan keaslian, dan Juergen Klopp adalah dirinya sendiri," kata Cramer dilansir Detiksport.

"Dia begitu autentik. Kemampuan bagus dia adalah dia bisa berbicara kepada banyak orang setelah sebuah kekalahan. Saya masih ingat pidato dia kepada orang-orang di London setelah final Liga Champions [2013]. Dia benar-benar mampu memberikan harapan kepada orang-orang saat itu padahal mereka sedang sangat, sangat kecewa."

"Dia tidak membedakan antara hierarki atau status. Sikap terbaik dia adalah menjadi dirinya sendiri, menjadi Juergen Klopp dan Juergen Klopp mampu menarik banyak orang," lanjut Cramer.

"Saya akan bilang dia akan menjadi solusi bagi orang-orang dalam kancah politik. Dia mungkin bisa menjadi Kanselir Jerman. Saya pikir Klopp bisa melakukannya," imbuh dia.

Berita Lainnya

Index