Arfan Usman Berpeluang Besar Jabat Sekda Siak

Bupati Siak Alfedri.(ramos)

SIAK, RIAUREVIEW.COM -Helat pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak Tahun 2020 masih hitungan bulan. Namun, kesiapan untuk menyongsong pesta demokrasi lima tahunan itu sudah terlihat di Kabupaten Siak. Salah satunya adalah memilih Sekda Siak defenitif melalui seleksi.

Untuk proses tersebut, Bupati Siak Alfedri mengajukan 7 nama untuk dipilih sebagai Sekda Siak.  Sebab, jabatan Sekda Siak saat inj, masih di pimpin oleh Pelaksana Tugas (Plt) selama enam bulan kedepan. Selain sekda,  kursi Wakil Bupati Siak juga mengalami kekosongan, sejak Alfedri resmi menduduki jabatan Bupati Siak.

Isu senter yang mencuat dilapangan, untuk kursi wakil Bupati Siak bakal terjadi kekosongan sampai Pilkada serentak berlangsung. Sedangkan jabatan Sekda Siak, kemungkinan besar akan dijabat Arfan Usman, yang saat ini menjabat Kepala Dinas Kominfo Siak.

Arfan Usman, selain pejabat senior dan Putra asli Siak, track record (rekam jejak, red) juga baik dimata masyarakat Siak dan memiliki kedekatan dengan Bupati Siak Alfedri.

RiauReview.com yang mencoba mewawancarai Arfan Usman, Rabu (27/5/2020) mengatakan, dirinya saat ini juga ikut dalam tahapan seleksi pencalonan Sekda Siak, bersama dengan enam calon lainnya.

"Alhamdulillah, kita mendapat kesempatan  untuk ikut seleksi calon Sekda. Tapi itu kan masih proses, kita tunggu saja. Apapun hasilnya kita tetap komitmen melaksanakan tugas dan tanggungjawab sebagai abdi negara," kata Arfan Usman.

Menurut Arfan, jika Allah memberikan kesempatan untuk menempati posisi Sekda, ia siap. Sebab, orientasinya menjadi Sekda murni demi pengabdian dalam mengemban amanah sebaik-baiknya.

"Jika belum mendapatkan amanah, kita tetap semangat membantu Pak Bupari Alfedri dalam melaksanakan tugas tugas sebagaimana yang diamanahkan. Kalau saat ini kan di Kominfo, ya tetap mengutamakan tugas yang diamanahkan," katanya lagi.

Sementara itu, Bupati Siak Alfedri kepada RiauReview.com mengatakan, untuk jabatan Sekda Siak ini, ada 7 nama yang lulus test administrasi dan proses akan berjalan sesuai mekanisme dan aturan berlaku.

"Tadi sudah diumumkan. Tidak hanya yang seleksi Sekda, nama-nama yang lulus seleksi administrasi untuk eselon II juga sudah diumumkan tadi oleh tim panitia seleksi terbuka yang sudah dibentuk," ungkap Alfedri.

Lebih lanjut Alfedri mengatakan, proses seleksi ini diperkirakan selesai pada Juni 2020. Namun belum dapat dipastikan pada Juni itu bakal terpilih Sekda Siak defenitif.

"Belum bisa kita katakan bahwa di bulan itu kita sudah punya sekda definitif. Sebab, selesai diseleksi sama tim Pansel, akan ada persetujuan dari Pemprov dan Mendagri,” tegasnya.

Berikut nama-nama calon Sekda yang dinyatakan lulus seleksi administrasi calon Sekda Siak : 

1. Arfan Usman (Kadis Kominfo Siak)

2. Fauzi Asni (Kadis Pariwisata Siak)

3. Wan Ibrahim Surji (Kadisperindag Siak)

4. Robiati (Plt Kadis Sosial Siak)

5. Zulfikri (Plt Kadisdukcapil Siak)

6. Faly Wurendaresto (Kepala Inspektorat Siak)

7. Kaharuddin (Kepala Satpol PP Siak) (Ra/Info)



TULIS KOMENTAR