Disiarkan lewat Zoom, Rektor Unilak Pimpin Upacara Kemerdekaan RI

Disiarkan lewat Zoom, Rektor  Unilak Pimpin Upacara Kemerdekaan RI

PEKANBARU, RIAUREVIEW.COM --Universitas Lancang Kuning (Unilak) menggelar upacara Hari Ulang Tahun  (HUT) kemerdekaan Republik Indonesia ke 75, di halaman gedung rektorat. Senin, (17/08). Sejak pagi hujan lebat turun di Kecamatan Rumbai dan lingkungan kampus, pelaksanaan upacara tetap dilakukan di saat hujan mulai reda.

Tepat pukul 7.30 pagi pelaksanaan upacara bendera dilakukan. Bertindak sebagai komandan upacara Rektor Unilak Dr. Junaidi, S.S., M.Hum, turut hadir Wakil Rektor I Zamzami, S.Kom, M.Kom, Wakil Rektor II Hardi, S.E., M.M., Wakil Rektor III Dr. Bagio Kadaryanto, sementara peserta upacara yang hadir di kampus diikuti oleh jajaran dekan se Unilak, Kabiro, dan kabag.  Sementara petugas penggerak bendera tiga orang anggota Menwa Unilak.

Dalam upacara ini juga disiarkan secara live melalui aplikasi zoom. Dosen, pegawai serta mahasiswa yang berada di rumah wajib mengikuti upacara bendera.

Pelaksanaan upacara berlangsung lancar dan singkat, diiringi lagu Indonesia Raya detik- detik  bendera merah putih kemudian dinaikkkan sampai ke ujung tiang, saat itu seluruh peserta yang hadir di kampus maupun secara online kemudian berdiri tegak untuk hormat ke bendera merah putih.

Peserta upacara yang turut hadir melalui aplikasi zoom 172 orang. Rektor Unilak Dr. Junaidi, S.S., M.Hum ditemui usai upacara mengatakan bahwa upacara tetap dilakukan di kampus Unilak, dengan jumlah peserta sekitar 20 orang yang terdiri dari dekan dan kepala biro, sementara dosen dan pegawai lainnya mengikuti dari aplikasi zoom.

" Di tengah kondisi Covid, tidak memungkinkan untuk menggelar upacara seperti tahun-tahun sebelumnya, dan kita berharap dan berdoa semoga wabah Covid 19 cepat berakhir".

Salah seorang peserta upacara Novi saat dihubungi mengatakan, sejak pagi ia telah siap-siap untuk mengikuti upacara, malam harinya telah mendapatkan informasi untuk ikuti upacara secara melalui zoom.

"Password dan link zoom telah dibagikan sejak malam hari di grup WhatsApp internal Unilak, baru perdana mengikuti upacara seperti ini, agak dikit berbeda, tapi saat bendera merah putih dinaikkan ada rasa hikmat, dan haru,  dan tadi tetap dan semoga wabah Covid cepat hilang".

Dalam pelaksanaan upacara ini seluruh peserta tampak menggunakan masker sebagai upaya untuk pencegahan Covid 19.

Berita Lainnya

Index