Positif Covid-19 Meningkat, Pasien Punya Riwayat Berlibur ke Luar Daerah

Positif Covid-19 Meningkat, Pasien Punya Riwayat Berlibur ke Luar Daerah
COVID-19 : Jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19 meningkat selama dua hari terakhir. Hal itu disampaikan Kadiskes Bengkalis dr. Ersan Saputra, Ahad (6/9/2020) petang.(sukardi)

BENGKALIS, RIAUREVIEW.COM — Jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19 meningkat selama dua hari terakhir. Hal itu disebabkan kelalaian para pasien yang punya riwayat perjalanan liburan ke luar daerah. Hal itu diketahui dari siaran pers, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bengkalis, dr. Ersan Saputra TH, Ahad (6/9/2020) petang.

Turut hadir dalam siaran pers tersebut Forkopimda, Dandim 0303/Bengkalis Letkol Inf Lizardo Gumay, Kapolres Bengkalis AKBP Hendra Gunawan, Ketua Pengadilan Negeri Bengkalis Rudi Ananta Wijaya dan Kajari Bengkalis Nanik Kushartanti

Jumlah terkonfirmasi positif virus Corona atau Covid-19 terus bertambah. Meledak dan mencapai rekor tertinggi selama dua hari yakni  Jumat (4/9/20) sebanyak 15 pesien dan penambahan kembali terjadi pada Sabtu (6/9/20) dengan jumlah yang  cukup signifikan sebanyak 11 pasien.

“Penambahan ini murni dari hasil penelusuran atau tracing pasien sebelumnya dari klaster liburan. Penambahan jumlah pasien positif Covid-19 tersebut, berdasarkan pengembangan  dari tracing  pasien-pasien  sebelumnya. Ada juga yang dari swab mandiri, namun jumlahnya tidak banyak dari dinas pendidikan, kemudian dari tenaga kesehatan baik di  Bengkalis maupun di Duri," ungkap dr. Ersan.

Dikatakannya untuk dinas pendidikan, sesuai penelusuran dari Ny. H ada penambahan sebanyak 7 orang. Kemudian yang tenaga kesehatan ada 5 orang. Ditambah lagi dari Ny. S tenaga kesehatan berjumlah 7 orang. Secara keseluruhan sejak pertama kali ditemukan pasien Positif Covid-19 di Kabupaten Bengkalis sampai hari ini sebanyak 86 orang.

Lebih lanjut Ersan menambahkan, pasien positif Covid-19 yang dirawat di RSUD Bengkalis sebanyak 7 pasien, di RSUD Mandau 7 pasien dan di Balai  Diklat BKPP Bengkalis 1 pasien. Sisanya melakukan isolasi mandiri.

“Khusus untuk yang melakukan isolasi mandiri  ini,  kita sudah menyampaikan apa-apa saja yang harus dilakukan. Ada protokol kesehatan yang harus dilakukan dan mereka ini selalu kita pantau,” ujarnya.

Sementara itu, Kapolres Bengkalis AKBP Hendra Gunawan mengutarakan, penambahan kasus positif Covid-19 di Kabupaten Bengkalis terjadi salah satunya adalah karena faktor liburan. Masyarakat kurang mematuhi protokol kesehatan yang mengakibatkan terjadinya penambahan tersebut.

Ia berharap agar masyarakat meningkatkan disiplin masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan dan memberlakukan Peraturan Bupati (Perbup).(kr)

Berita Lainnya

Index