Ini Dia Program Strategis Aksi yang Dimiliki Balon KDI Mewah

MENDAFTAR : Bakal Calon Bupati Bengkalis dan Wakil Bupati Bengkalis Kaderismanto-Iyeth Bustami (KDI) saat mendaftar di KPU Bengkalis dengan mengunakan protokol kesehatan, Ahad (6/9/2020).(Sukardi)

BENGKALIS, RIAUREVIEW.COM  —Bakal Calon (Balon) Bupati Bengkalis Kaderismanto-Iyeth Bustami (KDI), yang dikenal dengan slogan Mewah ini ternyata memiliki kesamaan visi dan misi untuk Kabupaten Bengkalis lima tahun kedepan.

Melalui bocoran yang disampaikan Balon Bupati Bengkalis Kaderismanto, usai mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bengkalis, Ahad (6/9/2020). Ia mengatakan, sejumlah rumusan kebijakan program telah disepakati bersama Balon Wakil Bupati Bengkalis Iyeth Bustami.

Salah satu rumusan program aksi tertuang sebanyak 11 poin penting. Pertama, yaitu Bengkalis Satu Data, mulai dari terintegrasinya seluruh data kependudukan yang berkaitan dengan isentif untuk masyarakat dari OPD terkait (Disdukcapil, Dinas kesehatan, Dinas Sosial, Dinas Pendidikan, Dinas Perumahan dan Pemukiman, Disnakertrans serta kantor Kementrian agama) pada Pusat Data Elektronik Kabupaten Bengkalis.

Kemudian menyediakan Aplikasi berbasis IT sebagai ruang laporan dan control  yang dapat diakses langsung oleh Kepala Daerah. Selanjutnya, terciptanya pelayanan langsung terhadap masyarakat dalam pengurusan document kependudukan (KK, KTP,  Akte dan lain sebagainya). Memberdayakan peran perangkat pemerintah di tingkat bawah (RT/RW) sebagai kontrol dan pelapor keadaan masyarakat setiap saat diwilayahnya.

Kedua adalah mendorong terciptanya dan terwujudnya lapangan kerja. Yang meliputi, tercipta dan terwujudnya lapangan pekerjaan bagi putra-putri tempatan untuk bekerja pada perusahaan yang beroperasi di wilayah Kabupaten Bengkalis.

Ketiga, yaitu Insentif Kesejahteraan Rakyat (IKR). Meliputi pembangunan perumahan layak huni bagi masyarakat menengah ke bawah yang belum memiliki rumah. Selanjutnya, bantuan setara Bantuan Pangan Non Tunai (BNPT) untuk masyarakat kurang mampu  bagi pemegang KDI (Kartu Dana insentif) Bengkalis Sejahtera

Kemudian program strategis aksi yang keempat adalah insentif Pendidikan. Untuk program ini meliputi, bantuan perlengkapan sekolah bagi siswa baru setiap tahunnya, mulai dari jenjang Sekolah Dasar sampai dengan Sekolah menengah atas bagi Pemegang KDI (Kartu Dana insentif) Bengkalis Pintar.

Kelima, yaitu insentif kesehatan, terdiri dari tersedianya jaminan kesehatan bagi masyarakat kurang Mampu bagi Pemegang KDI (Kartu Dana insentif) Bengkalis Sehat. Kemudian, penataan pendataan pemegang Kartu Bengkalis sehat (bagi masyarakat kurang mampu) terintegrasi dengan seluruh rumah sakit rujukan yang bekerja sama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten bengkalis.

Selanjutnya lagi adalah penanganan Covid-19 dan dampaknya, serta tersedianya Layanan Kesehatan yang dilakukan dari rumah–ke rumah (layanan medis keliling). Keenam adalah pembangunan Infratruktur yang berkelanjutan, mulai dari penuntasan jalan poros kecamatan dan perdesaan serta jalan lingkungan.

Dan menyelesaikan jaringan drainase tersier, primer dan sekunder perkotaan dan perdesaan secara terpadu. Memperluas cakupan listrik dan air bersih diseluruh wilayah Kabupaten Bengkalis, penanganan abrasi, peningkatan kelengkapan dan SDM penanganan karhutla, serta peningkatan pembangunan jembatan, pelabuhan dan dermaga.

Program stretegis aksi ke tujuh adalah meningkatan perekonomian daerah serta pemberdayaan masyarakat. Sasarannya adalah  terwujudnya peningkatkan akses permodalan, kesejahteraan masyarakat, kualitas hidup dan terpenuhinya kebutuhan pokok serta kelestarian lingkungan hidup dan terwujudnya sektor peternakan dan pertanian skala rumah tangga.

Kedelapan adalah Pemerintahan yang berintegritas, yaitu untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih dan berwibawa dengan pemberdayaan aparatur yang andal dan profesional. Kemudian, menjalin kerja sama antar lembaga pemerintahan terkait pengisian jabatan di pemerintahan

Kemudian program stategis aksi kesembilan adalah pengembangan seni dan budaya, kearifan lokal dan nilai-nilai agama kekayaan adat istiadat lainnya. Kesepuluh adalah pemberantasan penyalahgunaan narkoba, sasarannya adalah membangun pusat Rehabilitasi Narkoba di Kabupaten Bengkalis.  

Program strategis yang terakhir atau kesebelas adalah Peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Sasarannya adalah melalui pengembangan dan pembinaan UMKM dan industri kreatif sebagai leading sektor kekuatan ekonomi Daerah. Kemudian, merevitalisasi BUMD dan BUMDes dalam mendukung program pemerintah, meningkatkan penerimaan daerah dan memacu pertumbuhan ekonomi, selanjutnya adalah meningkatkan potensi dana bagi hasil pajak pusat dan provinsi.

Dari 11 poin program strategis yang dijabarkan dalam visi dan misi Balon Bupati dan Wakil Bupati KDI Mewah tersebut, keseluruhannya menyentuh langsung kepada masyarakat lapisan bawah. Tidak lepas dari peran Tim Koalisi Rakyat menggagasnya untuk Terwujudnya Kabupaten Bengkalis Maju, Bermartabat, Agamis, Berbudaya dan Sejahtera. (kr)



TULIS KOMENTAR