KPU Bengkalis Periksa Berkas Bakal Pasangan Calon

KPU Bengkalis Periksa Berkas Bakal Pasangan Calon
Ketua KPU Bengkalis Fadhillah Al Mausuly bersama komisioner KPU Bengkalis saat dipintu masuk gedung KPU dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19.(Sukardi)

BENGKALIS, RIAUREVIEW.COM —Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bengkalis saat ini tengah melakukan pembuktian berkas-berkas Bakal Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Bengkalis secara menyeluruh. Berkas pendaftaran itu diteliti, hingga nantinya bisa diketahui dan ditetapkan sebagai calon peserta Pemilukada Bengkalis 2020.

Seperti disampaikan Ketua KPU Kabupaten Bengkalis Fadhillah Al Mausuly, Rabu (9/9/2020). Berkas tiga pasangan Bakal Calon diteliti secara seksama, untuk selanjutnya diajukan ke tahapan berikutnya.

“Setelah pendaftaran ini, kita terima berkas pendaftaran Bakal Calon (Balon) Bupati dan Wakil Bupati pada Pemilukada serentak 2020. Mereka diantaranya adalah Kasmarni-Bagus Santoso (KBS) yang pertama sekali mendaftar, kemudian Balon H. Abi Bahrun-Herman Ahmad (AMAN). Lalu, Balon Kaderismanto-Iyeth Bustami (KDI) dan terakhir H. Indra Gunawan Eet-Samsu Dalimunte (ESA), balon yang terakhir mendaftar dan menyerahkan berkas. Keempat Balon ini berkasnya sedang dilakukan pembuktian,”ujar Fadhillah Al Mausuly.

Setelah pembuktian berkas nantinya, sambung Fadhillah, tahapan selanjutnya tanggal 23 Sepetember 2020 akan dilakukan pengumuman dan penetepan calon peserta Pilkada serentak 2020. Setelah itu dilanjutkan dengan penetapan nomor urut tanggal 24 September 2020.

“Untuk penetapan nomor urut ini, masih dalam pembahasan. Melalui cabut undi, namun teknisnya sedang kita matangkan bagaimana nantinya,”ujarnya.

Sedangkan untuk masa tanggapan dan masukan masyarakat terhadap empat Bakal Calon yang mendaftar di Pilkada Bengkalis. Diberikan waktu dari tanggal 4-8 September 2020.  Untuk tanggapan masyarakat ini, pihak KPU Bengkalis mengaku menerima melalui email dan sampai saat ini masih ditindalanjuti atau cros cek kembali.

“Sampai berakhirnya masa tanggapan masyarakat terhadap Bakal Calon. Kita menerima tanggapan melalui email, sekarang masih ditindaklanjuti dan cros cek kembali,”ujarnya.

Ia juga berharap pelaksanaan di tengah wabah Covid-19 ini. Diharapakan masyarakat dan Bawaslu turut memberikan tanggapan tangapan terkait selama masa pencalonan.(kr)

Berita Lainnya

Index