Penalti Ronaldo Loloskan Madrid ke Semifinal

Penalti Ronaldo Loloskan Madrid ke Semifinal

MADRID, RIAUREVIEW.COM - Real Madrid lolos ke semifinal Liga Champions. Los Blancos menyingkirkan Juventus meski kalah 1-3 di leg kedua perempatfinal. Kelolosan mereka dipastikan oleh penalti Cristiano Ronaldo di injury time.

Pada pertandingan di Santiago Bernabeu, Kamis (12/4/2018) dinihari WIB, Juventus unggul 2-0 hingga turun minum. Dua gol tim tamu diborong oleh Mario Mandzukic, masing-masing pada menit kedua dan ke-37.

Babak kedua, Juventus memperbesar keunggulannya menjadi 3-0 lewat gol Blaise Matuidi pada menit ke-61. Skor agregat pun berubah menjadi sama kuat 3-3. Hingga waktu normal berakhir, Juve masih unggul tiga gol.

Madrid kemudian mendapatkan hadiah penalti di injury time. Penalti tersebut dikonversi oleh Ronaldo menjadi gol.

Dengan hasil ini, Madrid lolos ke semifinal dengan keunggulan agregat 4-3.

Jalannya Pertandingan

Juventus mencetak gol lewat serangan pertamanya. Pada menit kedua, Douglas Costa memulai serangan dari lini tengah, kemudian memberikan bola kepada Sami Khedira yang berada di sisi kanan. Khedira lantas mengirimkan umpan lambung yang begitu memanjakan Mandzukic. Mandzukic menuntaskannya dengan sundulan yang merobek gawang Madrid.

Juventus nyaris memperbesar keunggulannya menjadi 2-0 di menit kedelapan. Sial buat mereka, tembakan jarak dekat Gonzalo Higuain masih bisa dimentahkan oleh kiper Madrid, Keylor Navas.

Madrid baru bisa mengancam gawang Juventus tiga menit kemudian. Gareth Bale yang menusuk ke kotak penalti melepaskan tembakan, tapi ditepis oleh Gianluigi Buffon. Bale kemudian mencoba menceploskan bola muntah ke dalam gawang dengan tumitnya, tapi meleset.

Peluang Madrid berikutnya datang pada menit ke-14. Kali ini tembakan Cristiano Ronaldo dimentahkan oleh Buffon. Isco menyambar bola rebound untuk menjebol gawang Juventus, tapi dia lebih dulu terjebak offside.

Percobaan Khedira di menit ke-25 tak mengubah keadaan. Tembakan jarak jauhnya masih melambung di atas gawang Madrid.

Isco mendapatkan peluang emas di menit ke-35 untuk menyamakan kedudukan. Lolos dari jebakan offside, Isco langsung berhadapan dengan Buffon, tapi tembakannya masih bisa dibendung oleh kiper veteran itu.

Juventus menggandakan keunggulannya menjadi 2-0 pada menit ke-37 melalui gol kedua Mandzukic. Lagi-lagi gol tim tamu diawali serangan dari sisi kanan. Mandzukic mengalahkan Dani Carvajal dalam duel udara untuk menanduk umpan silang dari Stephan Lichtsteiner.

Di injury time babak pertama, Madrid nyaris menipiskan ketertinggalannya. Namun, sundulan Raphael Varane meneruskan tendangan bebas Toni Kroos cuma menghantam mistar gawang.

Keunggulan Juventus tersebut tak berubah hingga turun minum. Akan tetapi, Madrid masih unggul agregat 3-2.

Pada awal babak kedua, Madrid menarik keluar Casemiro dan Bale. Sebagai gantinya, tim tuan rumah memainkan Lucas Vazquez dan Marco Asensio.

Ronaldo punya kans untuk memangkas ketertinggalan Madrid pada menit ke-58. Ronaldo menyambar umpan Vazquez dari sisi kanan, tapi Buffon dengan sigap mengamankannya.

Berselang dua menit, gantian Juventus yang mengancam lewat sepakan Higuain dari depan kotak penalti. Namun, Navas masih bisa menyelamatkan gawang Madrid.

Juventus membungkam Santiago Bernabeu saat laga memasuki menit ke-61. Tim tamu mencetak gol ketiga melalui Matuidi untuk unggul 3-0. Skor agregat pun sekarang sama kuat 3-3.

Gol ketiga Juve tersebut diawali kesalahan fatal yang dilakukan oleh Navas. Navas bermaksud menangkap bola umpan silang dari Douglas Costa, tapi tangkapannya tak lengket sehingga bola jatuh ke tanah. Hal ini tak disia-siakan Matuidi, yang tinggal mendorong si kulit bundar ke gawang kosong.

Peluang Madrid lewat sebuah tendangan bebas pada menit ke-69 tak bisa dimaksimalkan oleh Asensio. Tembakannya masih melambung.

Buffon melakukan penyelamatan gemilang pada menit ke-78. Dia masih mampu menepis tembakan Isco kendati bola sudah berubah arah setelah mengenai kaki Medhi Benatia.

Tak berselang lama, Madrid kembali membahayakan gawang Juventus melalui Varane. Tapi, sepakan Varane masih melenceng tipis.

Drama terjadi di menit terakhir injury time. Madrid mendapatkan hadiah penalti setelah Benatia dianggap melanggar Vazquez di mulut gawang. 

Keputusan wasit Michael Oliver untuk memberikan penalti ke Madrid diprotes ramai-ramai oleh kubu Juventus. Buffon yang melakukan protes keras diganjar kartu merah langsung. Diusirnya Buffon memaksa Juventus menarik Higuain dan memasukkan kiper pengganti Wojciech Szczesny.

Hadiah penalti tersebut tak disia-siakan oleh Ronaldo. Tembakan kerasnya tak kuasa dihentikan oleh Szczesny dan memastikan Madrid melangkah ke semifinal.

Susunan Pemain
Real Madrid: Navas; Carvajal, Varane, Vallejo, Marcelo; Casemiro (Vazquez 46'), Modric (Kovacic 75'), Kroos; Isco, Bale (Asensio 46'), Cristiano Ronaldo

Juventus: Buffon; De Sciglio (Lichtsteiner 17'), Benatia, Chiellini, Alex Sandro; Khedira, Pjanic, Matuidi; Douglas Costa, Higuain (Szczesny 90+6'), Mandzukic

Sumber: sport.detik.com

Berita Lainnya

Index