Menhan Prabowo Mau Beli Anti Terpedo Erdogan, Ini Ceritanya

Menhan Prabowo Mau Beli Anti Terpedo Erdogan, Ini Ceritanya
Ilustrasi (net)

RIAUREVIEW.COM --Menteri Pertahanan Prabowo Subianto telah melakukan perlawatan ke berbagai negara. Setelah berkunjung ke Amerika Serikat (AS), Austria, dan Perancis. Dua hari lalu, atau tepatnya Jumat (23/10/2020) Prabowo ternyata juga sempat mampir ke Turki.

Kunjungan Prabowo ke Rusia tersebut, tersiar kabar, ternyata pemerintah RI akan membeli sejumlah alutsista di dari Turki. Media lokal yang berbasis di Turki Daily Sabah pada Jumat malam, menyebut soal alutsista kapal selam yang diterima Indonesia dari Turki.

TNI AL dilaporkan mendapatkan alutsista fase pertama sistem anti terpedo kapal selam, mencakup sistem pengacau dan alat umpan torpedo produksi Turki. Alat dan sistem ini akan disematkan pada kapal selam Nagapasa Tipe 209/1400. Kapal selam ini merupakan satu dari 3 kapal selam racikan Daewoo Shipbuilding & Marine Engineering (DSME), Korsel.

Sementara itu laporan Janes, mengungkap sistem pengacau dan alat umpan torpedo buatan pabrik pertahanan Aselsan Turki tiba di Indonesia Kamis (22/10). Sistem anti terpedo ini merupakan bagian dari ZOKA, dikembangkan oleh Aselsan.

Sistem ini juga dipakai oleh armada kapal selam Turki. Yang menarik, Indonesia menjadi negara pembeli pertama untuk sistem tersebut dengan perjanjian yang diteken pada tahun lalu.[cnbcindonesia.com]

Berita Lainnya

Index