Program ODGJ Asuh, Berikan RS Lancang Kuning Penghargaan 11th Satu Indonesia Award 2020


PEKANBARU, RIAUVEVIEW.COM  -RS (Rumah Sakit) Lancang Kuning Dompet Dhuafa mendapatkan penghargaan sebagai pemenang provinsi kategori kesehatan melalui program ODGJ Asuh dalam perhelatan 11th SATU INDONESIA AWARDS 2020 yang diselenggarakan oleh PT Astra International, Tbk. (Jumat, 06/11).

Program (Orang Dengan Gangguan Jiwa) ODGJ Asuh adalah sebuah upaya konkrit dari RS Lancang Kuning dalam memberikan pelayanan kesehatan jiwa terpadu terutama untuk masyarakat Riau.

 “ODGJ Asuh menjadi oase ditengah wabah saat ini, dimana pasien ODGJ di wilayah Riau bisa mendapatkan akses layanan kesehatan jiwa yang komprehensif dan berpihak pada kaum marjinal,” ungkap dr. Pradipta Suarsyaf, MMRS, FRSPH selaku direktur RS Lancang Kuning Dompet Dhuafa.

 Banyaknya jumlah kasus dan terbatasnya layanan kesehatan jiwa di Provinsi Riau menjadi alasan mengapa program ini terus dikembangkan. Saat ini hanya ada tiga Rumah Sakit yang menangani pasien kesehatan jiwa sampai dengan penanganan tingkat lanjut dan rawat inap khusus jiwa di Riau dan RS Lancang Kuning salah satu Rumah Sakit yang telah lama memiliki layanan kesehatan jiwa komprehensif ini.

 “Data menunjukan kasus kesehatan jiwa di Indonesia terus meningkat, saat ini ada 7 per mil rumah tangga. Artinya per 1000 rumah tangga ada 7 rumah tangga yang terdapat ODGJ didalamnya. Selain itu masih banyak dari ODGJ tersebut yang dipasung/dikurung di gubuk/rumah kecil yang terpisah dari keluarga inti dan dijauhkan dari masyarakat”, tambah dr. Pradipta Suarsyaf, MMRS, FRSPH.

 Oleh sebab itu, dengan bekerjasama lintas stakeholder, RS Lancang Kuning dalam delapan bulan terakhir menjalankan skema aktif dan partisipasif bernama ODGJ Asuh. Sebuah program pelayanan pasien ODGJ yang dilakukan sejak pre-hospital, hospital, dan post-hospital. ODGJ Asuh memiliki dua tujuan pengentasan masalah pasien pasien ODGJ, yakni permasalahan sosial dan ekonomi. Sehingga ODGJ tidak menjadi beban atau setidaknya beban keluarga berkurang dengan adanya Program ODGJ Asuh ini.

 Pada menjalankan program ini RS Lancang Kuning bekerjasama dengan Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, Rumah Sakit Umum Daerah dan Swasta serta Puskesmas terkait di berbagai daerah di Riau. Selain itu kolaborasi bersama lembaga filantropi menjadi penunjang penting dalam menjalankan misi program ODGJ Asuh ini, sebab itu dalam implementasinya program ini juga bekerjasama dengan Dompet Dhuafa Riau dan Corps Dai Dompet Dhuafa Riau serta lembaga kemanusiaan lainnya sesuai tempat tinggal pasien ODGJ yang ditangani.

 RS Lancang Kuning Dompet Dhuafa akan terus berupaya meningkatkan pelayanan kesehatan untuk masyarakat Riau.

 “Kami bersyukur atas capaian sebagai Pemenang Provinsi Satu Indonesia Award 2020. Dengan capaian ini kami, RS Lancang Kuning bertekad menjadi Center of Mental Health yang terdepan dalam pelayanan kesehatan jiwa yang berpihak pada kaum marjinal baik di Riau dan Indonesia,” pungkas dr. Pradipta Suarsyaf, MMRS, FRSPH.

TENTANG DOMPET DHUAFA

Dompet Dhuafa adalah lembaga Filantropi Islam yang berkhidmat dalam pemberdayaan kaum Dhuafa dengan pendekatan budaya melalui kegiatan filantropis (welasasih) dan wirausaha sosial. Selama 27 tahun lebih, Dompet Dhuafa telah memberikan kontribusi layanan bagi perkembangan umat dalam bidang sosial, kesehatan, ekonomi, dan kebencanaan serta CSR.

Untuk Informasi press release, dapat menghubungi:

Public Relations Dompet Dhuafa

Philanthropy Building

Jl. Warung Jati Barat No.14

Jakarta Selatan 12540, Indonesia

U.P : Corcom Dompet Dhuafa, Bani (+6285692951433), Fatzry (+6282122182919)



TULIS KOMENTAR