Milad Gagak Hitam Sambang Riau l Sekaligus Pelantikan Mutiara Hitam Pasukan Inti Gagak Hitam

Milad Gagak Hitam Sambang Riau l Sekaligus Pelantikan Mutiara Hitam Pasukan Inti Gagak Hitam

KEPULAUAN MERANTI, RIAUREVIEW.COM --Asisten I Sekda Kepulauan Meranti Syamsuddin, SH, MH, menghadiri kegiatan Milad Gagak Hitam Sambang Riau I sekaligus Pelantikan Mutiara Hitam serta Pasukan Inti Gagak Hitam, kegiatan Milad Ormas Penjunjung Adat dan Penjaga Marwah Melayu ini dipusatkan di Ballroom Hotel Grand Meranti, Selatpanjang, Senin (24/11/2020).

Hadir dalam kegiatan ini Ketua DPRD Kepulauan Meranti Jack Ardiansyah, Asisten I Sekda Kepulauan Meranti Syamsuddin, SH, MH, Panglima Besar Gagak Hitam Kepulauan Riau (Kepri) Irba Udin (Udin Pelor), Panglima Gagak Hitam Sambang Riau Yusri Yano, Ketua Laskar Adat Melayu (LAM) Kepulauan Meranti, Datin Mutiara Gagak Hitam Kurnia Ardila, Ka.Polres Kepulauan Meranti AKBP. Eko Wimpiyanto, Perwakilan Koramil Selatpanjang, Kadis Sosial Kepulauan Meranti Agusyanto, S.Sos, M.Si, Kadis Perikanan Kepulauan Meranti Heldi, SE Kasatpol PP Kepulauan Meranti Helfandi, SE, M.Si, Ka. Kesbangpol Tasrizal Harahap, Kadis Kesehatan Dr. Misri Hasanto, Perwakilan Gagak Hitam Tanjung Balai Karimun, Ketua Pemuda Pacasila Kepulauan Meranti Ayah Nan, Tokoh Masyarakat/Agama/Pemuda dan lainnya.

Pelantikan dan Pengukuhan Mutiara Serta Pasukan Gagak Hitam Kepulauan Meranti Riau dilakukan langsung oleh Panglima Sambang Gagak Hitam Kepulauan Meranti Yusri Yano.

Dalam sambutannya Yusri Yano mengatakan usia Ormas Gagak Hitam Meranti sudah genap berusia I Tahun banyak suka duka yang dilalui untuk itu ia mengucapkan apresiasi kepada seluruh anggota dan dukungan semua pihak, khususnya Pemda Kepulauan Meranti yang selama ini selalu mendukung program Gagak Hitam dalam menjalankan berbagai kegiatan sosial, seperti pembagian Sembako, Pembagian Al-Quran di Masjid, Penyemprotan Disinfektan, biaya pengobatan dan lainnya.

"Terima kasih atas dukungan semua pihak karena tanpa dukungan itu Gagak Hitam tidaklah ada artinya," ucap Yusri.

Dalam HUT Pertama ini Gagak Hitam dikatakan Yusri sengaja mengambil tema "Tanjak Sebagai Jati Diri Anak Melayu", karena tanjak merupakan tanda kehormatan, kekuatan dan marwah suku Melayu. Untuk itu, Gagak Hitam berharap ke depan pemakaian tanjak ini dapat dibuat dan dikeluarkan Peraturan Bupati agar seluruh masyarakat sama-sama memakai Tanjak.

Panglima Udin Pelor mengaku Gagak Hitam sudah lingkup Nasional, karena bukan hanya ada di Kepri dan Riau saja tapi juga ada di Sumatera Utara, Kalimantan, dan lainnya di Indonesia yang punya suku Melayu.

"Gagak Hitam adalah Ormas pemersatu bangsa," ujar Udin Pelor.

Untuk itu ia berharap kepada Pemerintah Daerah Kepulauan Meranti dapat mendukung dan membina Ormas Gagak Hitam agar dapat terus berbuat untuk membantu masyarakat khususnya di Kepulauan Meranti.

Irba Udin juga mengingatkan kepada Gagak Hitam Kepulauan Meranti Riau dapat terus bersinergi dengan Pemerintah Daerah dan Instansi Vertikal lainnya dalam upaya mewujudkan cita-cita organisasi dalam menjaga Marwah Melayu dan berbuat kebaikan untuk masyarakat.

Terakhir Udin Pelor menegaskan Ormas Gagak Hitam adalah organisasi Independen yang tidak berafiliasi dengan partai politik manapun dengan selalu bersifat netral dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada)

Selanjutnya Bupati Kepulauan Meranti yang diwakili oleh Asisten I Sekda. Kepulauan Meranti, dalam sambutannya mengucapkan apresiasi yang tinggi kepada Ormas Gagak Hitam yang dinilai berhasil dan sukses dalam mengemban misinya menegakan Marwah Melayu di Kepulauan Meranti.

"Semoga kerja keras ini terus berlanjut dalam menjaga marwah melayu, meningkatkan silahturahmi dan turut berpartisipasi aktif dalam menjaga kondusifitas di Kepulauan Meranti," Ujar Syamsuddin.

Ditambahkannya, Ormas Gagak Hitam Kepulauan Meranti bukan hanya berhasil menjaga marwah Melayu tapi juga membanggakan adalah berperan aktif dalam menjalankan kegiatan sosial khususnya membantu masyarakat yang membutuhkan.

"Sekali lagi kami ucapkan terima kasih kepada Ormas Gagak Hitam yang telah mendukung Pemda Kepulauan Meranti dalam membantu masyarakat kurang mampu," Ujarnya lagi.

Apresiasi bukan saja disampaikan oleh Pemkab Kepulauan Meranti tapi juga datang dari Ketua DPRD Kepulauan Meranti Jack Ardiansyah yang menilai Ormas penjaga marwah Melayu ini telah banyak berbuat untuk masyarakat.

"Terima kasih kepada Gagak Hitam yang telah banyak berbuat untuk masyarakat," Ujar Jack.

Jack juga menyinggung soal usulan Gagak Hitam yang berharap disusun dan dikeluarkannya Perda atau Peraturan Bupati pemakaian Tanjak bagi masyarakat. Ia pun berjanji akan memfasilitasi terbentuknya Perda pemakaian Tanjak tersebut.

"Kita akan coba mewujudkan Perda Tanjak ini di Kepulauan Meranti," Tegas Ketua Jack.

Sekedar informasi dalam kegiatan itu juga dilakukan pemasangan Tanjak kepada Asisten I Sekda Kepulauan Meranti Syamsuddin, SH, MH, Kapolres Kepulauan Meranti AKBP. Eko Wimpiyanto, oleh Panglima Udin Pelor dan pemasangan Tanjak kepada Ketua DPRD Kepulauan Meranti, Kadis Perikanan Kepulauan Meranti, Kepala Kesbangpol Kepulauan Meranti, Kadis Sosial oleh Panglima Yusri Yuno.

Juga dilakukan deklarasi anti radikalisme dan Intoleransi yang dipimpin langsung oleh Panglima Udin Pelor diikuti oleh Ketua DPRD Kepulauan Meranti, Pemerintah Kepulauan Meranti, Kapolres Kepulauan Meranti, Pimpinan OPD dan Perwakilan Ormas, Tokoh Masyarakat di Kepulauan Meranti. Deklarasi ini bertujuan untuk menghindari pecah belah dengan tetap menjaga keutuhan NKRI. (Sp)

Berita Lainnya

Index