Presiden Palestina Apresiasi Sikap Indonesia Tolak Normalisasi Hubungan dengan Israel

Presiden Palestina Apresiasi Sikap Indonesia Tolak Normalisasi Hubungan dengan Israel

RIAUREVIEW.COM --Presiden Palestina Mahmoud Abbas berterima kasih kepada Indonesia atas sikapnya yang mendukung Palestina dan dukungan untuk Palestina di forum-forum internasional. Hal itu disampaikan Presiden Abbas selama pembicaraan telepon dengan Presiden RI Joko Widodo, Rabu (16/12/2020).

Dalam pembicaraan tersebut, Presiden Abbas juga menyampaikan penghargaan atas posisi Indonesia yang menolak normalisasi dengan Israel dan komitmen Indonesia untuk mencapai perdamaian terlebih dahulu berdasarkan solusi dua negara sesuai dengan resolusi-resolusi dan hukum internasional. Dia juga menyampaikan perkembangan terakhir masalah Palestina dan upaya-upaya Otoritas Palestina (PA) untuk melindungi hak-hak rakyat Palestina.
 
Sementara itu, Presiden Joko Widodo kembali menegaskan komitmen dan prinsip Indonesia terhadap masalah Palestina.
 
"Meskipun banyak terjadi perubahan yang begitu cepat di Timur Tengah, Indonesia tidak akan mengambil langkah apapun untuk normalisasi dengan Israel hingga terwujudnya perdamaian abadi dan komprehensif antara rakyat Palestina dan Israel," kata Presiden Joko Widodo sebagaimana dikutip kantor berita Palestina, WAFA.
 
"Indonesia sebagai negara Muslim terbesar, akan terus berupaya mendukung tercapainya perdamaian dan melakukan peran lebih besar dalam hal ini."
 
Presiden Joko Widodo mengatakan akan mengutus Menteri Luar Negeri Retno Marsudi untuk bertemu dengan Menteri Luar Negeri Palestina Riyad Al-Maliki, sebagai bagian dari upaya Indonesia untuk mendukung perdamaian.
 
Presiden Abbas menyampaikan terima kasih kepada mitranya dari Indonesia atas sikap terhormatnya terhadap masalah Palestina dan hak-hak rakyat kita yang adil.
 
Sumber: [okezone.com]

Berita Lainnya

Index