Gantikan H. Muhammad Adil Calon Terpilih Bupati Kep. Meranti, Putra Rupat “Melenggang” ke DPRD Riau

Gantikan H. Muhammad Adil Calon Terpilih Bupati Kep. Meranti, Putra Rupat “Melenggang” ke DPRD Riau

PEKANBARU, RIAUREVIEW.COM —Komposisi Dewan Perwakilan Daerah (DPRD) Riau, Senin (15/2/2021) segera lengkap memenuhi jumlah kursi. Untuk tahapan ini, dijadwalkan pelantikan Syafaruddin Poti sebagai Wakil Ketua DPRD Riau.

Tak hanya unsur pimpinan DPRD Riau yang bakal lengkap. Namun, juga anggota DPRD Riau turut dilantik dan diambil sumpah jabatan. Untuk anggota DPRD Riau ini, dua orang sekaligus merupakan Pengganti Antar Waktu (PAW).

Keduanya adalah Misliadi dari Fraksi PKB menggantikan Muhammad Adil yang terpilih menjadi Bupati Meranti tahun 2020 dan Piter H Marpaung dari PDIP menggantikan Zukri yang juga terpilih menjadi Bupati Pelalawan tahun 2020.

Misliadi merupakan Ketua DPC PKB Kabupaten Bengkalis dan asli putra kelahiran Rupat, Kabupaten Bengkalis. Dari agenda pengambilan sumpah jabatan tersebut, pekan depan komposisi pimpinan dewan kembali lengkap menjadi empat orang dengan Ketua DPRD Riau Yulisman (Golkar) dan tiga Wakil Ketua DPRD Riau, yakni Hardianto (Gerindra), Agung Nugroho (Demokrat) dan Syafruddin Poti (PDIP).

Begitu juga jumlah anggota DPRD Riau kembali lengkap menjadi 65 anggota dewan. Setelah sebelumnya ditinggal lima anggota dewan yang mengundurkan diri karena maju dalam pilkada serentak 2020 lalu.

Sekretaris DPRD Riau, Muflihun menjelaskan, pelantikan Syafaruddin Poti menjadi Wakil Ketua DPRD Riau dan dua PAW dewan Misliadi dan Piter H Marpaung sudah diagendakan banmus DPRD Riau dijadwalkan, Senin (15/2/2021) di Ruang Rapat Paripurna DPRD Riau.

“Senin pekan depan pelantikan pak Syafaruddin Poti sebagai Wakil Ketua DPRD Riau dan pelantikan dua PAW dewan, ” terang Muflihun, Kamis (11/2/2021).

Muflihun yang akrab disapa Uun ini menjelaskan, setelah pelantikan Senin pekan depan formasi pimpinan dewan kembali lengkap menjadi empat orang dengan Ketua DPRD Riau Yulisman (Golkar) dan tiga Wakil Ketua DPRD Riau, yakni Hardianto (Gerindra), Agung Nugroho (Demokrat) dan Syafruddin Poti (PDIP).

“Iya (formasi pimpinan dewan lengkap, red),”  tegas Uun.

Sementara itu, Misladi, S.Hi, saat dihubungi media ini mengatakan, sedang menjalani gladi resik di Pekanbaru sore tadi. “Sudah fit, sekarang sedang di Pekanbaru, gladi resik tadi sore,” singkatnya.

Sebagai informasi, pilkada serentak 2020 lalu lima anggota DPRD Riau mengundurkan diri setelah ditetapkan menjadi Pasangan Calon Pilkada 2020. Mereka, yakni Ketua DPRD Riau Indra Gunawan Eet menjadi calon Bupati Bengkalis, Asri Auzar menjadi calon Bupati Rohil, Zukri menjadi calon Bupati Pelalawan, Komperensi menjadi calon Wakil Bupati Kuansing dan Muhammad Adil menjadi calon Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti.

Posisi Ketua DPRD Riau dari Golkar dijabat Yulisman yang sebelumnya dijabat Indra Gunawan Eet, Wakil Ketua dari Demokrat dijabat Agung Nugroho yang ditinggal Asri Auzar dan Wakil Ketua DPRD Riau dari PDIP akan dijabat Syafaruddin Poti yang ditinggal Zukri Misran. Sebelumnya pimpinan sempat hanya ada satu Hardianto dari Gerindra yang sampai sekarang masih tetap menjabat Wakil Ketua DPRD Riau.(kr)

Berita Lainnya

Index