Wabup Bagus Santoso Hadiri Penangkaran Benih Padi di Sungai Siput

Wabup Bagus Santoso Hadiri Penangkaran Benih Padi di Sungai Siput
Wakil Bupati Bengkalis H Bagus Santoso panen bersama kegiatan penangkaran benih padi, Kamis (4/3/2021) di Desa Sungai Siput, Kecamatan Siak Kecil.(istimewa)

BENGKALIS, RIAUREVIEW.COM —Bupati Bengkalis Kasmarni yang diwakili H. Bagus Santoso panen bersama kegiatan penangkaran benih padi, Kamis, 4 Maret 2021 di Desa Sungai Siput Kecamatan Siak Kecil.

Dalam sambutan Bupati Bengkalis yang dibacakan Wakil Bupati Bengkalis Bagus Santoso mengatakan komoditi pangan khusus beras merupakan kebutuhan penduduk yang paling mendasar.

"Perlu diupayakan ketersediaan beras secara cukup dengan memenuhi standar gizi, harga terjangkau dan harganya wajar bagi petani, agar petani lebih bergairah dalam meningkatkan produksi pertanian,"kata Bagus.

Bagus menambahkan tantangan yang dihadapi dalam upaya penanganan pangan semakin berat seiring dengan meningkatnya jumlah penduduk.

"Minat petani dalam menggunakan kualitas unggul semakin meningkat seiring meningkatnya dengan kebutuhan panganan," kata Bagus.

Dalam kesempatan itu juga Bagus meminta kepada para petani untuk tidak mengalihkan fungsi lahan yang masih produktif menghasilkan padi ke komoditi lain.

“Langkah ini penting, agar ketahanan pangan di Kecamatan Siak Kecil pada umumnya tetap terjaga. Karena beras adalah salah satu kebutuhan pokok kita,“ ujar Bupati Bengkalis.

Sementara itu, Camat Siak Kecil Fadlul Wajdi mengatakan sesuai dengan visi dan misi Bupati Bengkalis Kasmarni dan Bagus Santoso, yakni menjadikan Kabupaten Bengkalis Bermarwah, Maju dan Sejahtera.

"Seperti yang kita ketahui, bahwa Kecamatan Siak Kecil, Bukit Batu dan Bandar Laksamana sebagai pusat pertanian dan perkebunan," kata Fadlul.

Fadlul menambahkan Kecamatan Siak Kecil terdiri dari 10 Desa yang menanam padi lebih kurang sekitar 1.293 hektar dengan berbagai persoalan yang terjadi dilapangan.

"Mudah-mudahan dengan kepemimpinan yang baru ini segala permasalahan yang dihadapi para tani Siak Kecil dapat teratasi dan kesejahteraan petani dapat ditingkatkan," kata Camat Siak Kecil Fadlul.

Pada kesempatan itu juga dilakukan tanya jawab bersama petani dan Wakil Bupati Bengkalis H. Bagus Santoso.

Tampak hadir, Anggota DPRD Bengkalis Zuhandi, Asisten Administrasi Umum Tengku Zainuddin, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Indra Gunawan, Camat Bukit Batu Taufik Hidayat, Camat Bandar Laksmana Acil Esyno.(rls)
Sumber : DISKOMINFOTIK KAB. BENGKALIS

Berita Lainnya

Index