Bengkalis Masih Aman dari Kabut Asap Karhutla

Bengkalis Masih Aman dari Kabut Asap Karhutla

BENGKALIS, RIAUREVIEW.COM —Meski cuaca panas ektrim melanda Kabupaten Bengkalis dan telah menyebabkan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhula) di sejumlah kecamatan di Kabupaten Bengkalis. Namun, kondisi saat ini Bengkalis tercatat masih terbebas dari kabut asap.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bengkalis H. Arman, Kamis (4/3/2021). Menurut Arman, peralatan Indeks Standar Pencemar Udara (ISPU) khusus di Pulau Bengkalis sampai hari ini masih belum tersedia, akan tetapi DLH akan mencoba melakukan kerja sama dengan Chevron untuk mengetahui kondisi kesehatan udara di Bengkalis.

“Ya, alat ISPU kita tidak tersedia. Kemarin sempat diusulkan, tapi tidak setujui. Tapi, biasanya akan ada informasi lanjutan soal ISPU dari Chevron ataupun wilayah Duri,” ujar Arman.

Dikatakan Arman, untuk sementara ini kondisi udara di Pulau Bengkalis masih normal dan belum terjadi adanya kabut asap tebal, akibat Karhutla yang terjadi disejumlah titik hotspot.

“Kita berdoa tim satgas kita bisa menangani Karhutla yang terjadi. Dan api bisa dipadamkan. Karena selama lebih kurang dua pekan ini, tim terus berjibaku untuk memadamkan api, mulai dari BPBD, TNI-Polri, MPA dan masyarakat setempat, serta melibatkan desa,”ujarnya.(kr)

Berita Lainnya

Index