Pesawat Tempur Asing Melintasi Natuna, Ini Penampakannya

Pesawat Tempur Asing Melintasi Natuna, Ini Penampakannya

RIAUREVIEW.COM --Pesawat tempur F-18 Hornet diduga milik Amerika Serikat (AS) terbang rendah dan melintas di atas Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Indonesia di Laut Natuna Utara, Kepulauan Riau. Kejadian itu terekam pada Selasa (6/4/2021) dan viral di media sosial.

Menurut akun Twitter @jatosint pesawat tersebut diduga berasal dari Kapal Induk Amerika Serikat Theodore Roosevelt. 
 
"Video menunjukkan apa yang tampak seperti @USNavy F/A-18E/F Super Hornet dari @TheRealCVN71 terbang rendah di atas anjungan minyak lepas pantai di barat laut Kepulauan Natuna," tulis akun tersebut dikutip, Rabu (7/4/2021).
 
Akun tersebut juga menyampaikan pesawat F-18 itu sedang menjalani latihan dengan militer Malaysia di hari yang sama. Dari tangkapan layar yang diperjelas, terlihat F-18 tengah bermanuver ke arah kanan.
 
Diberitakan sebelumnya, Kepala Dinas Penerangan Angkatan Udara (Kadispenau) Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah menuturkan, diperkirakan pesawat tempur itu berjenis F-18 Hornet. Pesawat tersebut terbang di atas Kapal Apung, Produksi, Penyimpanan, dan Pembongkaran (FPSO) milik salah satu perusahaan minyak asal Indonesia. 
 
Menurutnya, pesawat tersebut berada di perairan Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE).
 
"Hari Selasa (06/04/2021) pukul 16.15 WIB, di Perairan Natuna telah melintas pesawat tempur asing diperkirakan jenis F-18 Hornet di atas FPSO (Floating, Production, Storage and Off loading Vessel) Kakap Natuna yang dioperasikan oleh perusahaan minyak Indonesia dan berada di wilayah ZEE, sekitar 169 mil di sebelah barat dari Kepulauan Natuna," kata Indan dalam keterangannya, Rabu (7/4/2021) sore.
 
Dia memastikan, pesawat tersebut di luar wilayah teritorial Indonesia. Saat ini, sambungnya, TNI AU tengah mendalami permasalahan tersebut bersama pihak terkait.
 
"Disampaikan bahwa pesawat melintas di luar wilayah teritorial Republik Indonesia. Dan saat ini, TNI AU sedang mendalami kejadian tersebut dengan pihak terkait," ucapnya.
 
Sumber: [inews.id]

 

Berita Lainnya

Index