Ranperda RPJMD Bupati Bengkalis 2021-2026

Bupati Kasmarni Apresiasi Atas Perhatian DPRD Bengkalis

Bupati Kasmarni Apresiasi Atas Perhatian DPRD Bengkalis
RPJMD : Rapat Paripurna RPJMD Bupati Bengkalis Tahun 2021-2026, sekaligus pembentukan Panitia Khusus (Pansus) di Gedung DPRD Bengkalis, Senin (29/6/2021).(sukardi)

BENGKALIS,RIAUREVIEW.COM — Bupati Bengkalis Kasmarni menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas seluruh perhatian, yang diberikan anggota DPRD Kabupaten Bengkalis, melalui saran, masukan dan rekomendasi dari 7 fraksi di DPRD. Hal itu disampaikan Bupati Kasmarni dalam paripurna Ranperda RPJMD Tahun 2021-2026, Senin (28/6/2021).

Rapat yang dipimpin Ketua DPRD Kabupaten Bengkalis H. Khairul Umam didampingi Wakil Ketua Syaiful Ardi tersebut memenuhi qourum. Sebelumnya, DPRD Bengkalis melalui fraksi-fraksi yang ada menyampaikan pandangan umum terkait Ranperda RPJMD Bupati Bengkalis tahun 2021-2026, sekaligus pembentukan Panitia Khusus (Pansus).

"Semoga niat baik dan usaha kita bersama ini menjadi bagian penting dalam upaya memaduserasikan berbagai pandangan, ide dan gagasan demi terwujudnya satu tujuan yakni pembangunan yang berkeadilan, merata dan dapat dinikmati oleh seluruh lapissan masyarakat Kabupaten Bengkalis,"kata Kasmarni.

Setelah jawaban bupati, dibentuk langsung Pansus RPJMD Kabupaten Bengkalis yang diketuai H. Adri dan wakil Irmi Syakip Arsalan. Ada beberapa tanggapan yang disampaikan oleh anggota DPRD Bengkalis sebelum rapat ditutup.

Seperti Hendri yang menyampaikan mengenai Pokir hibah, ia meminta adanya evaluasi oleh pemerintah daerah terkait kekurangan-kekurangan yang ada sehingga Pokir hibah tidak dapat diakomodir. Jika tidak dapat dilaksanakan di tahun 2021, diminta dimasukkan kedalam RKPD tahun 2022.

Selanjutnya, Al Azmi meminta kepada Pemkab Bengkalis untuk menyediakan beasiswa bagi masyarakat yang tinggal di daerah terpencil yang selama ini tidak terjangkau oleh pemerintah daerah.

"Kemudian mengenai perpindahan Chevron ke Pertamina perlu diadakan rapat lintas komisi untuk mempersiapkan hal ini karena menyangkut PAD Kabupaten Bengkalis," ujar Al Azmi.

Sedangan Surya Budiman turut memberikan masukannya terkait kondisi pariwisata Rupat. Sebab, hari ini Rupat sudah mulai terpromosikan hingga ke tingkat nasional.

"Sebelumnya ketika Pansus RIPPARKAB mengunjungi kementerian Pariwisata ada saran yang perlu menjadi perhatian bersama, yaitu dengan memprioritaskan pembangunan pariwisata Rupat tidak hanya melalui proposal yang diusulkan tetapi disarankan untuk membuat event pariwisata yang skala nasional sehingga bisa mengundang pemerintah pusat ke daerah."

Disisi lain, Sanusi berpendapat terkait alih kelola blok rokan, disampaikannya hingga hari ini DPRD belum ada gambaran umum tentang pembagian untuk daerah terkait DBH, hal ini perlu diketahui bersama karena berhubungan dengan PAD.

Sanusi juga memberi saran soal perusahaan lokal yang beroperasi di Kabupaten Bengkalis, masih sedikit sekali perusahaan lokal yang diberi ruang, yang seluasnya untuk berinvestasi bersama perusahaan besar yang ada di Kabupaten Bengkalis.(kr)

Berita Lainnya

Index