Hari Ini, Terkonfirmasi Covid-19 di Bengkalis Tambah 41 Kasus

Hari Ini, Terkonfirmasi Covid-19 di Bengkalis Tambah 41 Kasus
dr. Ersan Saputra.(dok)

BENGKALIS,RIAUREVIEW.COM— Penambahan kasus baru terkonfirmasi Covid-19 di Kabupaten Bengkalis, masih memperlihatkan grafik yang meningkat. Sebelumnya berjumlah 39 orang dan bertambah menjadi 42 orang (kasus), Kamis (8/7/2021).

Kepala Dinas Kesehatan Ersan Saputra Th menjelaskan, penambahan 41 orang kasus baru itu berasal dari 7 kecamatan.

“Tertinggi di Mandau, sebanyak 26 orang. Kemudian, Bathin Solapan 4 orang, Bantan dan Bukit Batu masing-masing 3 orang, Pinggir dan Bengkalis masing-masing 2 orang, serta Talang Muandau 1 orang”, paparnya.

Ditambahkan mantan Direktur RSUD Mandau ini, 26 orang di Mandau itu berasal dari (kelurahan/desa) Air Jamban 17 orang, Pematang Pudu 3 orang, Talang Mandi 2 orang, serta Batang Serosa, Gajah Sakti, Duri Barat, dan Babussalam masing-masing 1 orang.

Sedangkan 4 orang di Bathin Solapan merupakan warga Simpang Padang, Balai Makam, Air Kulim, dan Tambusai Batang Dui. Untuk 3 orang di Bantan, berasal dari Kembung Luar 2 orang, dan Jangkang 1 orang. Sementara 3 orang di Bukit Batu, kesemuanya merupakan penduduk Sukajadi. Ada pun 2 orang di Pinggir, semuanya warga Titian Antui.

Lalu, untuk 2 kasus baru terkonfirmasi di Bengkalis, berasal dari Rimba Sekampung, dan Wonosari.

“Terakhir, 1 orang dari Talang Muandau merupakan warga Tasik Serai”, kata Ersan.

Ersan juga menjelaskan, untuk pasien yang meninggal dunia, hari ini bertambah 1 orang dan sembuh 40 orang.

Sampai hari ini, kumulatif positif Covid-19 di Kabupaten Bengkalis di tahun 2021, sebanyak 2.931 orang.

“Rinciannya, 2.485 orang sembuh, 136 orang meninggal dunia, 273 orang menjalani isolasi mandiri, dan 37 orang dirawat di rumah sakit”, terang Ersan.

Di bagian lain, karena kasus positif Covid-19 masih terus bertambahnya, Ersan kembali mengimbau seluruh lapisan masyarakat di daerah ini secara kolektif dan dengan rasa tanggung jawab yang tinggi untuk mematuhi protokol kesehatan.

“Seluruh masyarakat di Kabupaten Bengkalis senantiasa menjalankan 5M kapan dan dimana pun berada. Yakni, memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan membatasi mobilitas,” harapnya.

Sekedar informasi, berdsarkan banyak penelitian, rajin mencuci tangan bisa menurunkan risiko penularan virus, termasuk Covid-19 sebesar 35%.

Sementara bila memakai masker kain bisa mengurangi risiko penularan Covid-19 hingga 45%. Sedangkan kalau menggunakan masker medis, risiko penularan berkurang hingga 75%.(kr)

Berita Lainnya

Index