Beruang Madu Terjerat Perangkap Babi di Inhil Berhasil Diselamatkan

Seekor beruang madu (Helarctos malayanus) yang terjerat perangkap babi di Parit Tasik Madu, Desa Pelanduk, Kecamatan Mandah, Kabupaten Indragiri Hilir Riau berhasil diselamatkan (Wahyudi, riauaktual.com))

RIAUREVIEW.COM --Seekor beruang madu (Helarctos malayanus) yang terjerat perangkap babi di Parit Tasik Madu, Desa Pelanduk, Kecamatan Mandah, Kabupaten Indragiri Hilir Riau, berhasil diselamatkan.

Beruang Madu berjenis kelamin betina yang diperkirakan berumur lebih kurang dua tahun tersebut, terjerat perangkap babi yang dipasang warga.

Kepala Bagian Tata Usaha Balai Besar KSDA Riau, Hartono menjelaskan, pada awalnya pihaknya menerima laporan dari Polsek Mandah bahwa telah dilakukan evakuasi seekor beruang madu yang terperangkap oleh jeratan, pada saat warga melakukan penjeratan terhadap babi di Desa Pelanduk, Kecamatan Mandah Kabupaten Indragiri Hilir. 

"Kemudian kami langsung menurunkan Tim bidang wilayah untuk segera berkoordinasi dengan Polsek Mandah. Dan Alhamdulillah beruang tersebut dalam kondisi baik-baik saja," jelasnya.

Saat ini beruang madu sudah berada di klinik satwa Balai Besar KSDA Riau untuk dilakukan pengecekan kondisi. 

"Kepada bapak Kapolres Indragiri Hilir dan jajarannya yang telah berhasil menyelamatkan beruang madu yang terjerat kami ucapkan terimakasih," ucap Hartono.

Untuk pelepasliaran nanti kami akan menunggu lebih lanjut hasil analisis daripada anggota tim medis yang ada di Balai Besar KSDA Riau. 

"Terkait dengan lokasi akan kita lepaskan nantinya pada kawasan konservasi yang ada di provinsi Riau. Dengan harapan nanti bisa langsung beradaptasi dengan kawasan tersebut," tutupnya. 
 

Sumber: riauaktual.com



TULIS KOMENTAR