Pekanbaru Zona Oranye, Pemko Pekanbaru Sebut PPKM Berhasil

Pekanbaru Zona Oranye, Pemko Pekanbaru Sebut PPKM Berhasil

PEKANBARU, RIAUREVIEW.COM --Kota Pekanbaru saat ini sudah di zona oranye penyebaran Covid-19. Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru mengklaim penurunan angka Covid-19 sebagai hasil PPKM Level 4 yang diterapkan.

"Alhamdulillah, perjuangan kita semua masyarakat Pekanbaru dan Satgas. Angka (penyebaran) sudah turun. Barangkali belum bisa sampai kuning, untuk oranye kita sudah," kata Walikota Pekanbaru Firdaus, Rabu (18/8/2021).

Kata dia, selain terjadinya penurunan angka positif, penyekatan ruas jalan protokol juga sudah membuahkan hasil dalam mengurangi mobilitas masyarakat. Dari evaluasi tim pemantauan pusat, Kota Pekanbaru telah bisa mengendalikan pergerakan masyarakat sebesar 28,8 persen.

"Yang kemarin kurang sepuluh persen. Sekarang sudah 28,8 persen, ini membawa hasil dari kita (zona) merah ke oranye," jelasnya.

Ia mengatakan, jika kasus positif terus mengalami penurunan dan Pekanbaru sudah berstatus zona kuning, maka kegiatan ekonomi di sektor non esensial bisa dibuka kembali. Seperti Mal, dan kegiatan masyarakat lainnya.

Strategi yang dilakukan saat ini sejalan dengan pemerintah pusat. Artinya, strategi dan kebijakan yang dilakukan saat ini tidak hanya dibuat Pemko saja.

Lanjutnya, walaupun Pekanbaru nantinya berada di zona kuning maupun hijau, PPKM tetap ada. Hanya saja levelnya diturunkan. Ada relaksasi lagi untuk kegiatan masyarakat agar dapat meningkatkan di sisi ekonomi.

"Seperti mal dapat buka, tempat kuliner, dan ekonomi lainnya bisa buka dengan kontrol Prokes," jelasnya.

Berikut zona penyebaran Covid-19 di Pekanbaru

1. Bina Widya, Merah
2. Bukit Raya, Merah
3. Kulim, Oranye
4. Limapuluh, Merah

5. Marpoyan Damai, Oranye
6. Payung Sekaki, Merah
7. Pekanbaru Kota, Oranye
8. Rumbai, Merah

9. Rumbai Barat, Oranye
10. Rumbai Timur, Kuning
11. Sail, Merah
12. Senapelan, Oranye

13. Sukajadi, Oranye
14. Tenayan Raya, Merah
15. Tuah Madani, Merah
16. Kota Pekanbaru, Oranye

 

Berita Lainnya

Index