Kadis PMD Bengkalis Serahkan Pengelolaan ke BUMDes

Desa Teluk Rhu Masuk dalam Ajang ADWI 2021

Desa Teluk Rhu Masuk dalam Ajang ADWI 2021
PANTAI TELUK RHU : Tampak masyarakat menikmati pesona wisata pantai Teluk Rhu, Kecamatan Rupat Utara, Kabupaten Bengkalis baru-baru ini.(m.rafi'i)

BENGKALIS, RIAUREVIEW.COM —Desa Wisata Teluk Rhu, Kecamatan Rupat Utara, Kabupaten Bengkalis masuk dalam ajang Anugerah Desa Wisata (ADWI) 2021. Tentunya saja, angin segar buat masyarakat Kecamatan Rupat Utara, yang mendambakan ekowisata di Pulau Rupat bisa berkembang, sesuai visi dan misi pemerintah daerah.

Menyikapi hal ini, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Bengkalis Drs. Yuhelmi menyambut baik hal ini. Ia mengatakan, pengelolaan nantinya dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa).

“Ya, langkah kita nantinya itu langsung dikelola oleh BUMDesa setempat,”ujar Yuhelmi, Jum'at (20/8/2021) via WhatsApp.

Sebelumnya, Kamis 19 Agustus 2021, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno  mengatakan, 300 besar desa wisata yang masuk dalam ajang ADWI 2021. Ia mencatat ada 8 desa wisata di Riau, salah satunya Desa Teluk Rhu, Kabupaten Bengkalis.

Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 bertema ‘Indonesia Bangkit’ ini merupakan penganugerahan desa wisata terbesar di Indonesia.  Selain Desa Teluk Rhu, ada 7 desa lainnya, yaitu Desa Wisata Koto Mesjid, Kabupaten Kampar, Desa Wisata Aliantan, Kabupaten Rokan Hulu.

Kemudian,  Desa Wisata Bangko Mukti, Kabupaten Rokan Hilir, Desa Wisata Dayun, Kabupaten Siak, Desa wisata Tabing Tinggi Okura, Kota Pekanbaru, Desa wisata Bono, dan Desa wisata Kuala Terusan, di Kabupaten Pelalawan.
 
Berdasarkan data Kemenparekraf tahun 2021, tercatat lebih dari 70,000 desa yang tersebar dari Sabang hingga Merauke. Melalui ADWI 2021, dalam mewujudkan desa wisata berkelas dunia, berdaya saing, berkelanjutan untuk Indonesia Bangkit, sebanyak 1.831 peserta desa wisata telah mendaftar dari 34 provinsi di Indonesia.(ra)

Berita Lainnya

Index