Dilaporkan Tertangkap Ini Sepak Terjang Ketua KNPB


RIAUREVIEW.COM --Aparat gabungan TNI-Polri dilaporkan telah menangkap Ketua Komite Nasional Papua Barat (KNPB) Sektor Kisor, Kabupaten Maybrat, Silas Ki di kawasan hutan dekat Kampung Kamundan, Kabupaten Maybrat, Papua Barat, Minggu (12/9/2021).

Silas Ki merupakan otak penyerangan Posramil Kisor hingga mengakibatkan empat prajurit TNI AD gugur. Silas Ki sudah ditetapkan dalam daftar pencarian orang (DPO) bersama 16 orang lainnya.
 
Dari informasi yang didapatkan MNC Portal Indonesia, Silas Ki ditangkap bersama dengan salah satu terduga pelaku lainnya berinisial YY yang juga merupakan anggota KNPB wilayah Kisor.
 
Kapolres Persiapan Maybrat, Kompol Bernadus Okoka yang dikonfirmasi terkait keberhasilan aparat gabungan TNI-Polri menangkap pentolan KNPB tersebut enggan memberikan informasi lengkap. 
 
Okoka hanya membenarkan ada beberapa orang terduga yang diamankan aparat gabungan TNI-Polri.
 
"Tidak ada itu (Ketua KNPB Kisor) ditangkap, memang ada beberapa orang yang diamankan namun masih dilakukan pendalaman, mungkin namanya sama," ungkap Kompol Bernadus Okoka dikonfirmasi MNC Portal Indonesia, Minggu (12/9/2021). 
 
Silas Ki merupakan pimpinan KNPB Wilayah Kisor. Berdasarkan struktur organisasi, Silas Ki merupakan Ketua KNPB Sektor Kisor, Kabupaten Maybrat.
 
Silas Ki yang merupakan otak penyerangan Posramil Kisor di Maybrat sebelumnya masuk dalam 17 daftar pencarian orang (DPO) yang ditetapkan TNI Polri.
 
Selain peran Silas Ki, ada pula satu DPO lainnya atas nama Manfred Fatem yang sebelumnya ditetapkan sebagai DPO dua kasus pembunuhan. Buronan ini membunuh seorang anggota Brimob Polda Papua Barat di Teluk Bintuni dan warga sipil di Maybrat.
 
"Yang menjadi penggagas dalam kegiatan (penyerangan) tersebut merupakan Silas Ki. Secara struktur organisasi KNPB, Silas Ki merupakan Ketua KNPB Sektor Kisor," kata Kabid Humas Kombes Pol Adam Erwindi, Jumat (10/9/2021) lalu.
 
Kombes Adam Erwindi mengatakan, Silas Ki sebelumnya dikukuhkan sebagai pemimpin KNPB Sektor Kisor pada 19 Desember 2020 dan memiliki pengikut dalam struktur organisasi itu.
 
Kabid Humas juga mengungkap bahwa sebelum melakukan aksi penyerangan di pos persiapan Koramil Kisor, kelompok KNPB pimpinan Silas Ki dua kali melakukan pertemuan untuk menyusun rencana.
 
"Pertemuan dilakukan sebanyak dua kali, sekitar Juli dan Agustus sebelum dilakukan penyerangan Pos Koramil pada Kamis (2/9) dini hari," ujar Adam Erwindi.
 
Sumber: [inews.id]


TULIS KOMENTAR