Pembentukan Kodam Baru di Riau Dinilai Ideal

Pembentukan Kodam Baru di Riau Dinilai Ideal
Wakil Gubernur Provinsi Riau, Brigadir Jenderal (Brigjend) Purnawirawan Edy Natar Nasution

PEKANBARU, RIAUREVIEW.COM --Wakil Gubernur Provinsi Riau, Brigadir Jenderal (Brigjend) Purnawirawan Edy Natar Nasution, mengatakan pembentukan Komando Daerah Militer (Kodam) di Provinsi Riau merupakan hal yang ideal.

Sebelumnya, pada Kamis September lalu, Tim dari Markas Besar TNI Angkatan Darat yang dipimpin Direktorat Penelitian dan Pengembangan TNI AD, Brigjen TNI Ahmad Faizal, menyambangi kediaman Gubernur Riau Syamsuar. Tim dari Mabesad tersebut berkunjung untuk membicarakan rencana pembangunan Kodam di Provinsi Riau. Adapun rencana pembangunan itu berdasarkan luas wilayah serta aspek keamanan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia

Menurut Edy Natar, secara wilayah provinsi, memang ideal Kodam baru berpusat di Provinsi Riau.

"Secara kesetaraan provinsi, memang Kodam baru ini ideal dibentuk di Riau," katanya, Senin (18/10/2021).

Menurut Edy Natar, pembentukan Kodam di Riau saat ini sedang dikaji oleh Markas Besar TNI Angkatan Darat. Terkait area teritorial yang akan dinaungi Kodam tersebut, Edy menyebut tak tahu secara rinci.

"Teknisnya Korem yang lebih tahu," cakapnya lagi.

Sebelumnya, Wakil rakyat di DPRD Riau mendukung penuh rencana pemerintah pusat membentuk Kodam di Riau. Hal ini dikarenakan Riau merupakan daerah strategis di Indonesia.

Anggota DPRD Riau Dapil Pekanbaru, Ade Hartati Rahmat mengatakan pihaknya akan mendukung penuh bersama-sama di dewan rencana itu.

Dijelaskan, rencana pemerintah pusat merupakan bukti pemerintah pusat memiliki perhatian khusus ke Riau, karena pusat melihat Riau merupakan daerah yang strategis.

"Kita akan mendorong pembentukan Kodam itu, agar Riau memiliki daya saing yang kuat tidak hanya dengan provinsi tetangga juga negara tetangga," kata Ade Hartati.

Ke depan, menurutnya Riau akan menghadapi banyak tantangan, apalagi Riau berbatasan dengan negara tetangga. Maka perlu jika memang diletakkan Kodam di Riau.

Untuk diketahuu, saat ini, dalam struktur wilayah teritorial militer, Provinsi Riau dinaungi Korem Wira bima/031. Korem ini bagian dari Kodam I Bukit Barisan yang berkedudukan di Kota Medan, ibukota Provinsi Sumatera Utara.

Jika nantinya Kodam baru jadi terbentuk di wilayah Riau, maka dengan sendirinya Kodam Bukit Barisan mengalami pemekaran. Untuk diketahui,kehadiran Kodam baru di Riau berarti memulihkan kembali satuan militer setingkat Kodam di bagian tengah Sumatera.

 

Sumber: cakaplah.com

Berita Lainnya

Index