Polbeng Fasilitasi Terbitnya Pergub Vokasi

Polbeng Fasilitasi Terbitnya Pergub Vokasi
FOTO : RAPAT: Polbeng memfasilitasi rapat bersama untuk membahas draf Pergub Menara Vokasi yang berlangsung di Hotel Grand Elite Lantai 2, Pekanbaru, Senin (8/11/2021).

PEKANBARU, RIAUREVIEW.COM --Setelah ditunjuk sebagai akselarator kegiatan Menara Vokasi, yang dilaksanakan di Bumi Melayu Riau  awal Desember 2021 di Pekanbaru, Politeknik Negeri Bengkalis (Polbeng) langsung bergerak cepat yakni memfasilitasi terbitnya Peraturan Gubenur (Pergub) Riau yang berlangsung di Hotel Grand Elite Lantai 2, Pekanbaru, Senin (8/11/2021).

Direktur Polbeng, Johny Custer ST MT mengatakan, draft Pergub Vokasi yang dirancang Dinas Pendidikan Provinsi Riau diawal tahun 2021 bersama tim dari Direktorat Mitras Dunia Usaha Dunia Industri (Ditmitras DUDI) telah dibahas pada pada bulan Juni 2021, di Biro Hukum Pemerintah Provinsi Riau.

‘’Namun pada saat itu, saran dari Biro Hukum Setdakprov Riau sebaiknya draft Pergub Vokasi direkonstruksi ulang dan dibahas lagi oleh banyak pemangku kepentingan, di antaranya Pendidikan Vokasi, Perguruan Tinggi Vokasi, Asosiasi dan DUDI,’’ ujarnya.

Menurutnya, karena adanya kasus pandemi yang meningkat dan diberlakukannya PPKM selama lebih kurang 3-4 bulan, dari bulan Juni hingga September 2021, pembahasan draft pergub ini terjadi penundaan.

Namun ibarat gayung bersambut kata Johny Custer, dikarenakan Polbeng mendapatkan kepercayaan dari Ditmitras DUDI sebagai akselator daerah untuk kegiatan Menara Vokasi, yang telah berkolaborasi dengan Dinas Pendidikan dan Dinas Tenaga Kerja Provinsi Riau untuk dapat mengajak stakeholders lainnya untuk membahas kembali agar dapat diterbitkan Pergub Vokasi ini.

Dikatakannya, rapat yang berlangsung Senin (8/11/2021) sore adalah rapat yang kedua, setelah sepekan lalu rapat pembahasan Menara Vokasi di Aula Disnaker Riau.

Rapat kedua ini lebih membahas draft Pergub Vokasi, yang berlangsung di Hotel Grand Elite Lantai 2 menghadirkan beberapa OPD terkait. Yakni dari Pemprov Riau, Asosiasi dan DUDI.

Selain itu katanya lagi, kegiatan ini juga hadir Dinas Pendidikan dan Dinas Tenaga Kerja Riau. Sedangkan OPD yang hadir yaitu Bappedalitbang, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Biro Hukum, Biro Kesra, Politeknik Kampar dan Politeknik Caltex Riau, HIPKI, HILSI, Ketua MKKS Smk Swasta Riau, Humas PT Indah Kiat, Humas PT RAPP, Kadin Riau, IGHMA, dan BKK Provinsi Riau.

Johny menyebutkan, kegiatan ini dibuka dan dipimpin oleh Kepala Disnakertrans Provinsi Riau, Jonli dan dilanjutkan oleh Ketua Pelaksana Kegiatan Menara Vokasi M Alkadri Perdana, sekaligus moderator dalam rapat mendengar masukan-masukan dari peserta yang hadir untuk nantinya dimasukkan oleh tim perumus dalam merancang draft Pergub Vokasi. Kegiatan Diskusi berlangung selama dua jam dan akan dilaksanakan kembali pemaparan bersama setelah tim perumus menyelesaikan draft Pergub Vokasi.(ra)

Berita Lainnya

Index