Sekda Serahkan Hadiah Pemenang MTQ Bengkalis

Sekda Serahkan Hadiah  Pemenang MTQ Bengkalis
SERAHKAN PIALA: Sekda Bengkalis, H Bustami HY menyerahkan piala tropi kepada pemenang MTQ ke-46 Tingkat Kabupaten Bengkalis tahap pertama, Rabu (17/11/2021).(foto)

BATHIN SOLAPAN, RIAUREVIEW.COM --Pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Ke-46 Tingkat Kabupaten Bengkalis tahap pertama resmi berakhir. Ini ditandai dengan penyerahan hadiah kepada para pemenang.

Hadiah diserahkan Bupati Bengkalis diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) H Bustami HY di halaman Kantor Camat Bathin Solapan, Rabu (17/11/2021) malam.

Adapun cabang MTQ yang dilombakan di tahap pertama ini adalah Cabang Tilawatil Quran golongan Qira'at Murattal Remaja dan Dewasa. Cabang Hifdzil Qur' an Golongan 1 Juz Tilawah, 10 Juz, 20 Juz dan 30 Juz. Kemudian, Syarhil Qur'an Beregu Putra dan Putri.

‘’Ya, tahun ini berbeda. Ini merujuk pada Standar Operasional Prosedur (SOP) pelaksanaan MTQ pada masa pandemi Covid-19. Tapi untuk tahap pertama ini sudah berjalan lancer dan hadiahnya juga sudah diserahkan,’’ ujar Bustami.

Butami yang juga Ketua Umum Panitia MTQ ke-46 Bengkalis  mengatakan, pembagi tahapan MTQ ini adalah langkah untuk menghindari kerumuman peserta, setiap cabang yang selesai digelar, selanjutnya peserta akan masing ke kecamatan masing-masing,

Dalam penerapan protokol kesehatan ini, mulai dari peserta, official, panitia maupun dewan hakim harus mematuhi SOP yang telah dibuat oleh panitia. Misalnya, selalu memakai masker, mencuci tangan dengan hand stainizer dan paling utama setiap peserta harus telah divaksin. Saat pendaftaran, seluruh peserta diperiksa surat keterangan sudah divaksin.

Menurutnya, pada tahap pertama, dilaksanakan 16-18 November 2021, dengan cabang perlombaan meliputi cabang tilawah golongan qira’at muratal remaja, cabang tilawah golongan qira’at muratal dewasa, cabang hifzil qur’an dan cabang syarhil qur’an.

Tahap kedua pada 18-21 November 2021, cabang tilawah golongan qira’at mujawwad remaja, cabang tilawah golongan qira’at mujawwad dewasa, cabang tafsir qur’an, cabang KTIQ. Terakhir, tahap ketiga, 21-24 November 2021, cabang tilawah golongan remaja, cabang tilawah golongan dewasa, cabang Fahmil Quran, cabang Khattil Quran.

Sedangkan untuk pemenang MTQ tahap pertama, di antaranya Cabang Tilawatil Quran Golongan Qira'at Murattal Remaja Putra, terbaik 1 Rafiq Al Indra (Bukit Batu), terbaik 2 Arif Hidayatullah (Bengkalis), M Irsyad (Mandau). Harapan 1 Sandy Kurniawan (Talang Muandau), harapan 2 Muhammad Wira Dana Putra (Rupat Utara) dan harapan 3 Muhammad Arianda (Bandar Laksamana).

Kemudian,  Cabang Tilawatil Qur'an Golongan Qira'at Murattal Remaja Putri, terbaik 1 Nurul Syari Futri Alfaini (Bengkalis), terbaik 2 Nofy Rahma Khairani KS (Bukit Batu), terbaik 3 Miftahul Janah (Rupat). harapan 1 Ani Mardhatillah (Bathin Solapan), harapan 2 Raisya Gustia Putri dan harapan 3 Sulis Tiyana (Pinggir).

Tilawatil Qur'an Golongan Qira'at Murattal Dewasa Putra, terbaik 1 Jamaludin (Rupat utara), terbaik 2 Sahlan (Bengkalis), terbaik 3 Agus Salim (Bantan). Harapan 1 Iskandar (Bukit Batu), harapan 2 Dodie (Bandar Laksamana), harapan 3 Gusridoni (Pinggir).(ra)

Berita Lainnya

Index