Wabup Meranti Buka Kegiatan Advokasi Penggerakan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat

Wabup Meranti Buka  Kegiatan Advokasi Penggerakan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat

MERANTI, RIAUREVIEW.COM --Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti AKBP (Purn) H. Asmar membuka secara resmi pertemuan advokasi penggerakan gerakan masyarakat hidup sehat (Germas) kegiatan dilaksanakan di Ballroom Hotel Indobaru, Selatpanjang, (22/11/2021).

Turut hadir  Plt. Kadiskes Kepulauan Meranti Fahri, Plt. Kadishub Kepulauan Meranti Udin, Perwakilan Kemenag Kepulauan Meranti, Forum Camat Se-Kabupaten Kepulauan Meranti dan Narasumber dari Dinas Kesehatan Provinsi Riau Rozita serta undangan.

Kegiatan ini yang dilaksanakan Germas Dinas Kesehatan Kepulauan Meranti  bertujuan untuk memasyarakatkan budaya hidup sehat dan meninggalkan kebiasaan masyarakat yang kurang sehat, aksi Germas juga diikuti dengan berprilaku untuk masyarakat hidup bersih, sehat dan dukungan untuk infrastruktur berbasis masyarakat dilingkungan dan disekitarnya.

Kesempetan itu H. Asmar memberikan sambutan dan menyampaikan, "Apresiasi dan beri arahan kepada seluruh peserta dimana Program ini memiliki beberapa fokus seperti membangun akses untuk memenuhi kebutuhan air minum, instalasi kesehatan masyarakat serta pembangunan pemukiman yang layak huni ketiganya merupakan infrastruktur dasar yang menjadi pondasi dari gerakan masyarakat hidup sehat", sambut  H. Asmar.

Terdapat 7 langkah penting dalam menjalankan Germas ini dan ke 7 langkah ini merupakan bagian penting dari pembiasaan pola hidup sehat dalam masyarakat Indonesia, diantaranya 1. Melakukan aktifitas fisik, 2. Makan buah dan sayur, 3. Tidak merokok, 4. Tidak mengkonsumsi minuman beralkohol, 5. Melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala, 6. Menjaga kebersihan lingkungan dan 7. Menggunakan jamban", sebut H. Asmar.

Secara umum tujuan Germas adalah menjalani hidup yang lebih sehat, gaya hidup sehat akan memberi banyak manfaat, mulai dari peningkatan kualitas kesehatan hingga peningkatan produktifitas seseorang, hal penting lain yang tidak boleh dilupakan dari gaya hidup sehat adalah lingkungan yang bersih dan sehat serta berkurangnya resiko membuang lebih banyak uang untuk biaya berobat ketika sakit.

Germas harus kampanye dan sosialisasi ini dibutuhkan dukungan peran dari lintas sektor terkait, komitmen, dan yang terpenting adalah monitoring pelaksanaan Germas, keberhasilan gerakan masyarakat hidup sehat ini sangat tergantung pada partisipasi aktif semua stakeholder dan masyarakat dan begitu juga masyarakat perlu digerakkan untuk memiliki kemampuan untuk melaksanakan semua dan fokus kegiatan tersebut serta dapat melaksanakan dan diterapkan dalam kegiatan sehari-hari", harap H. Asmar.

Dengan mengakhiri sambutannya Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti AKBP (Purn) H. Asmar membuka secara resmi dan dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim Pertemuan Advokasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat Kabupaten Kepulauan Meranti Tahun 2021 saya nyatakan resmi dibuka," Tutup H. Asmar.
(Sp)

Berita Lainnya

Index