H. Asmar Buka Secara Resmi Festival Budaya Bokor Dan Wisata Sungai Bokor


MERANTI, RIAUREVIEW.COM --Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti AKBP (Purn) H. Asmar  buka secara resmi kegiatan festival budaya Bokor dan wisata sungai Bokor  di Desa Bokor Kecamatan Rangsang Kabupaten Kepulauan Meranti (24/11/2021).

Dihadiri Ketua DPRD Kabupaten Kepulauan Meranti Ardiansyah SH, M. Si, Anggota DPRD Kabupaten Kepulauan Meranti Sopandi, Camat Rangsang Barat Wan Fahriani, Kepala Desa Bokor, Kapolsek Rangsang Barat Lubis, Kadis Disparpora Riski Hidayat, Babinsa , tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh pemuda, dan Lembaga Swadaya Masyarakat.

Wabup Kepulauan Meranti  mengatakan "Atas nama Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada penyelenggara dan masyarakat Desa Bokor juga kepada seniman tradisional yang selalu mensosialisasikan seni budaya kepada masyarakat agar lebih mencintai kebudayaan sendiri karena seni dan budaya merupakan aset daerah bahkan Negara yang harus kita lestarikan".

"Desa wisata budaya sudah selayaknya Desa Bokor ini dengan seluruh kemampuan sumber daya manusia dan sumber daya alamnya harus mampu untuk berbuat dan menyuguhkan atraksi seni budaya dan seluruh potensi yang ada, agar wisatawan nusantara, wisatawan mancanegara berkunjung untuk melihat dan menikmati daya tarik yang dimiliki Desa Bokor". katanya lagi.

Lebih lanjut Wabup menyebut "Kita semua dapat menikmati buah-buahan yang ada di Desa Bokor ini secara langsung, kegiatan budaya ini harus dapat dilestarikan, ditumbuh kembangkan dan dipromosi buat mengisi pembangunan desa wisata budaya, sebab kegiatan utama yang mendukung pengembangan destinasi wisata dan salah satu yang sangat penting adalah pengembangan desa wisata agar kegiatan pariwisata dapat memberikan manfaat yang optimal kepada masyarakat lokal".

"Saya berharap kegiatan ini agar bukan saja dapat menjadi media memahami seni dan budaya melayu, tetapi juga ikut melestarikannya secara bersama-sama. Sehingga tidak tertelan zaman, melainkan tetap eksis zaman bermasa tak lapuk oleh hujan, tak lekang oleh panas selain itu, bersama-sama kita menjadikan kegiatan ini sebagai media untuk mempererat antara satu dengan yang lainnya, jadilah pioneer terdepan dalam menjaga ketamadunan seni dan budaya di negeri yang penuh dengan syarat budaya melayu ini", tutur Wabup.

Wabup Kepulauan Meranti  melanjutkan dengan membuka kegiatan dan dengan membaca Bismillahirrahmanirrahim “Festival Budaya Bokor dan Wisata Sungai Bokor  secara resmi saya nyatakan dibuka ," ucap H. Asmar.

Untuk mengakhiri pembukaan dan peresmian Wabup  Kepulauan Meranti AKBP (Purn) H. Asmar mengakhiri sambutannya dengan membacakan pantun:

"Pohon delima mari tanamkan,
Delima ditanam di tepi kanal,
Festival Budaya Bokor kita laksanakan

Semoga pariwisata meranti semakin terkenal,

Kemudian Wabup  menyempatkan diri melihat bazar dan sekaligus menaiki sampan dan berdayung untuk  melihat sungai tempat kegiatan  diselenggarakan. (SP)

 



TULIS KOMENTAR