Bupati Kasmarni Hadiri Panen Cabe di Kebun Poktan Jaya Sepakat

Bupati Kasmarni Hadiri Panen Cabe di Kebun Poktan Jaya Sepakat
PANEN CABE : Bupati Bengkalis Kasmarni, S.So, M.MP turut memanen cabe di Kebun Kelompok Tani (Poktan) Jaya Sepakat, Kelurahan Pematang Pudu, Kecamatan Mandau, Rabu (8/12/2021).(FOTO)

BENGKALIS, RIAUREVIEW.COM —Bupati Bengkalis Kasmarni, S.So, M.MP menghadiri panen cabe di Kebun Kelompok Tani (Poktan) Jaya Sepakat, Kelurahan Pematang Pudu, Kecamatan Mandau, Rabu (8/12/2021).

Hasil pertanian di Kabupaten Bengkalis merupakan salah satu sektor esensia peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat. Sehingga hal ini dipastikan Bupati Bengkalis Kasmarni, kepada para petani, khususnya petani cabe akan mendapat perhatian khusus dari Pemerintah Daerah.

“Saat ini ketersediaan dan harga cabai sangat berpengaruh pada inflasi perekonomian nasional. Kepada petani jangan pernah berhenti memproduksi, teruslah bersemangat dan aktif melakukan budidaya tanaman cabai," katanya.

Kasmarni menjelaskan, melalui delapan program unggulan Kabupaten Bengkalis, terdapat program stimulus ekonomi bagi pekerja di sektor informal seperti buruh, petani, peternak dan nelayan.

“Salah satu kegiatannya yakni jaminan keberlangsungan usaha stimulus ekonomi, baik modal, subsidi serta bibit yang akan kita upayakan dengan sebaik mungkin,” sebutnya

Menurut Bupati Kasmarni, untuk tahun 2021 telah menyalurkan beberapa program termasuk di dalamnya penyaluran bantuan budi daya cabai di Kecamatan Mandau seluas 2 Hektar dan bantuan benih cabai dari Derektorat Pembenihan Holtikultura untuk Kecamatan Mandau seluas 18 Hektar.
"Keberhasilan ini tentunya menjadi prestasi yang membanggakan dan tak kalah pentingnya ini menjadi contoh dan motivasi bagi petani lainnya untuk ikut serta melakukan pengembangan pertanian cabai, sehingga Kabupaten Bengkalis kedepannya tidak hanya menjadi sentra pertanian padi dan holtikultura akan tetapi dapat menjadi sentra beragam tanaman lainnya termasuk cabai," paparnya.

Ia juga mengapresiasi usaha Poktan Jaya Sepakat yang telah berhasil panen cabai dalam meningkatkan prodiktifitas cabai melalui kerja keras secara mandiri dan swadaya.

Sementara itu salah seorang Anggota DPRD Komisi II Bengkalis Hendri, juga memberikan dukungan terhadap Kelompok Tani Jaya Sepakat karena berhasil membudidayakan tanaman cabe sampai panen.

“Kami harap pemerintah dapat bekerjasama mendorong pendistribusian berbagai tanaman utamanya tanaman cabe dengan memfasilitasi kebutuhan di bidang pertanian, sehingga para petani mampu meningkatkan kesejahteraan di bidang perekonomian,” singkatnya.(ra)

Berita Lainnya

Index