Rusa Terjebak di Pemukiman Warga Palas, BBKSDA Riau Turunkan Tim

Rusa Terjebak di Pemukiman Warga Palas, BBKSDA Riau Turunkan Tim

PEKANBARU, RIAUREVIEW.COM --Seekor rusa terjebak di kawasan pembangunan perumahan warga di Desa Palas, Kecamatan Rumbai, Kota Pekanbaru. Satwa itu kesulitan mencari jalan keluar.

Video rusa terjebak itu diunggah oleh akun Instagram @cintasatwariau, sejak 2 hari lalu. Rusa itu kesulitan mencari jalan keluar karena di area telah ditimbun dan dipagar. Video itu viral di media sosial.

Tim Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau yang mengetahui hal itu langsung turun ke lokasi kejadian. Kepala Bidang Wilayah I BBKSDA Riau, Andri Hansen Siregar mengatakan, petugas dari tim Seksi Konservasi Wilayah IV, sudah mendatangi lokasi untuk mengecek. Namun rusa tersebut telah pergi. Menurut Hansen, rusa pergi ke dalam hutan.

"Namun rusa telah mengarah ke lokasi tegakan hutan pinggir Sungai Siak," kata Hansen, Kamis (9/12/2021).

Berdasarkan informasi warga, rusa berjumlah 2 ekor, dan sempat akan ditembak tapi dilarang oleh Ketua RT setempat. Rencananya tim rescue akan diturunkan untuk melakukan identifikasi.

"Diidentifikasi apakah termasuk jenis dilindungi," kata Hansen.

Tim rescue yang dikerahkan, berjumlah 3 orang. Selain identifikasi, petugas juga akan mencari posisi keberadaan rusa.

"BBKSDA Riau mengimbau kepada masyarakat, agar tidak melakukan tindakan anarkis terhadap satwa liar tersebut," imbau Hansen.

Selanjutnya, kata Hansen, jika rusa ditemukan akan dilakukan tindakan upaya penggiringan ke habitatnya. "Akan digiring agar dapat dikembalikan ke habitatnya," pungkas Hansen.

 

Sumber: cakaplah.com

Berita Lainnya

Index