Gandeng Kadin Bengkalis, KNPI Gelar Pelatihan Enterpreneurship

Gandeng Kadin Bengkalis, KNPI Gelar Pelatihan Enterpreneurship
PELATIHAN : DPD KNPI Kabupaten Bengkalis menggendeng Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kabupaten Bengkalis menggelar pelatihan Pemuda Berwirausaha, Sabtu (18/12/2021).(FOTO)

BENGKALIS, RIAUREVIEW.COM —Sebagai salah satu pilar pembangunan, hadirnya pemuda tentu menjadi tonggak suksesnya pembangunan di daerah. Peran ini tentunya diperkuat dengan organisasi pemuda. Salah satunya Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI).

Untuk mewujudkan generasi muda yang berjiwa pengusaha (entrepreneuship). DPD KNPI Kabupaten Bengkalis menggendeng Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kabupaten Bengkalis menggelar pelatihan Pemuda Berwirausaha atau disingkat dengan PERWIRA, Sabtu (18/12/2021).

Kegiatan itu berlangsung di Gedung Daerah Datuk Laksamana Raja Dilaut dari pukul 09.00 WIB dan berakhir pukul 12.00 WIB. Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua DPD KNPI Kabupaten Bengkalis Iwan Saputra, Ketua Kadin Bengkalis Muhammad Ridho Nosa, Sekretaris DPD KNPI Bengkalis Marvin Samudera yang merangkap sebagai ketua panitia dan kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Bengkalis Yuhelmi.

Selanjutnya terlihat juga hadir Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) yang diwakili sekretaris dinas Afrizal, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagperin) Kabupaten Bengkalis, Ketua Laskar Muda Melayu Riau (LM2R) Kabupaten Bengkalis, pengurus GenPi Bengkalis, sejumlah tamu undangan dan puluhan peserta pelatihan yang terdiri dari unsur pemuda serta pengurus Organisasi Kepemudaan (OKP).

Kepala Disparbudpora diwakili Sekretaris Dinas Afrizal, dalam sambutan pembukaan kegiatan menyampaikan, Pemerintah daerah sangat apresiasi yang setinggi - tingginya kepada jajaran pengurus DPD KNPI Kabupaten Bengkalis yang diketuai Iwan Saputra.

"Atas nama Pemerintah Kabupaten Bengkalis melalui Disparbudpora, kami mengapresiasi kegiatan pelatihan Pemuda Berwirausaha ini, semoga mampu menstimulasi agar pemuda - pemudi daerah kita ini banyak yang jadi wirausahawan di segala bidang ke depannya.Hidup Pemuda.!," sambut Afrizal.

Sementara itu Ketua DPD KNPI Kabupaten Bengkalis Iwan Saputra dalam sambutannya mengatakan pentingnya untuk melakukan pelatihan kewirausahawan bagi pemuda.

"Pelatihan yang kita gelar hari ini, merupakan bentuk pembinaan dan rasa tanggungjawab DPD KNPI Bengkalis Kepada pemuda sebagai generasi penerus di masa akan datang, supaya berdaya saing tinggi dalam membangun ekonomi di daerah kita ini," ungkap pria yang akrab disapa Iwan Sakai ini.

Lebih lanjut Iwan menambahkan bahwa kegiatan ini juga sebagai bentuk membangun sinergi, antara DPD KNPI Bengkalis dengan program Bupati dan Wakil Bupati Bengkalis untuk mewujudkan Bengkalis Bermasa.

"Pemuda Negeri Junjungan harus menjadi Tuan dan Perwira di Negerinya Sendiri," tegas Iwan Sakai.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana (Panpel) Marvin Samudera menerangkan, kegiatan pelatihan kewirausahaan ini, turut menghadirkan pemateri yakni Kepala DPMD Kabupaten Bengkalis Yuhelmi dan beberapa narasumber berkompeten lainnya, sedangkan peserta adalah pemuda dan pengurus OKP dari Kecamatan Bengkalis dan Bantan.

"Selain itu, setiap desa juga mengutus 2 orang sebagai perserta dalam kegiatan ini. Pelatihan Perwira ini hanya berlangsung satu hari, tapi besifat kontinyu di masa mendatang," tutupnya.(ra)

Berita Lainnya

Index