Peserta LPTQ Ikuti Pelatihan Bahasa Arab Selama 10 Hari

Peserta LPTQ Ikuti Pelatihan Bahasa Arab Selama 10 Hari
PELATIHAN : Ketua Harian LPTQ Bengkalis Andris Wasono resmi menutup kegiatan Pelatihan Bahasa Arab yang ditaja Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) Kabupaten Bengkalis, Kamis (23/12/2021).(FOTO)

BENGKALIS, RIAUREVIEW.COM —Pelatihan Bahasa Arab yang ditaja Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) Kabupaten Bengkalis, resmi berakhir. Kegiatan ditutup Ketua Harian LPTQ, Andris Wasono, Kamis (23/12/2021).

Andris mengatakan, agar peserta nantinya juga terus belajar dan berusaha untuk bisa menguasai bahasa arab.  Sebab, mempelajari Bahasa Arab termasuk sunnah. Mengingat Bahasa Arab adalah bahasa Al-Qur'an.

"Membacanya sudah mendapat pahala, apalagi kita mengerti arti dan terjemahannya," ungkap Andris.

Terkait terbatasnya waktu pelatihan yang hanya 10 hari, Andris meminta Bidang Penelitian dan Pengembangan LPTQ kedepannya selain diagendakan setiap tahun juga ditambah lamanya waktu pelatihan.

"Selama 10 hari belakangan, peserta telah dilatih mempelajari Bahasa Arab. Kami akui waktu tersebut masih sangat kurang, oleh sebab itu kami berpesan kepada peserta untuk terus belajar dan giat lagi berlatih," pesannya.

Sementara itu, Ketua Bidang Penelitian dan Pengembangan, H Suwarto mengatakan, pelatihan yang dilaksanakan terbatas. Namun, kedepan direncakan akan  melibatkan dari kecamatan-kecamatan, yang ada di Kabupaten Bengkalis.

Sementara itu, salah seorang perwakilan peserta, Bambang Irawan mengucapkan terimakasih kepada LPTQ dan para guru atas tunjuk ajar selama pelatihan.

Diakuinya, banyak ilmu-ilmu baru khususnya dalam kaidah wakaf dan iftida'. Hal tersebut juga diamini peserta lainnya, Mira Karyani.

Salah seorang pelatih, Amri turut melaporkan bahwa selama proses pelatihan, antusias peserta cukup tinggi.

"Peserta memiliki motivasi tinggi hal itu terbukti dalam sesi tanya jawab. Banyak pertanyaan-pertanyaan bernas yang mereka lontarkan kepada kami," ungkapnya seraya menyebutkan bahwa materi yang paling banyak dikupas seputar bidang Fashahah.

Kegiatan yang diselenggarakan di Kantor LPTQ, Jalan Subrantas ini juga dihadiri Kepala Bidang Perhakiman H Imam Hakim, Kepala Bidang Sekretariat dan Tata Usaha Ismail.(ra)

Berita Lainnya

Index