Disdagperin Bengkalis Monitor Harga Sembako Elpiji

Disdagperin Bengkalis Monitor Harga Sembako  Elpiji
PASAR : Tampak petugas Disdagperin Bengkalis melakukan pemantauan harga sembako dan juga gas elpiji di sejumlah distributor dan juga pasar di pulau Bengkalis beberapa waktu lalu.(FOTO)

BENGKALIS, RIAUREVIEW.COM —Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagperin) Kabupaten Bengkalis melalui Bidang Pengembangan Perdagangan dan Bidang Pengelolaan Pasar sudah melakukan pemantauan harga sembako dan elpiji di Bengkalis.

‘’Memang pada saat natal dan tahun baru (nataru) lalu sempat terjadi kenaikan harga sembako dan juga gas elpiji. Ini kami nilai masih wajar, karena sesuai hukum ekonomi jika permintaan tinggi, sedangkan barangnya sedikit tentunya harganya naik,’’ ujar Kadisdagperin Bengkalis Zulfan ST di ruang kerjanya, Rabu (12/1/2022).

Ia menyebutkan, kegiatan pemantauan di lapangan merupakan salah satu langkah pro-aktif Disdagperin dalam upaya mendukung stabilisasi harga, serta mencegah tindakan spekulatif yang dilakukan oknum pedagang maupun masyarakat tentang adanya kenaikan di sejumlah bahan pokok penting.

Pada pelaksanaan kegiatan ini juga didampingi oleh pengawas perdagangan serta analis perdagangan Disdagperin Bengkalis. Dari hasil survey yang telah dilaksanakan ke beberapa distributor tidak semua terjadinya kenaikan harga.

‘’Adapun beberapa kenaikan harga yang terjadi dikarenakan beberapa faktor. Misalnya kenaikan yang terjadi pada gas elpiji menurut informasi langsung dari PT Pertamina, hal ini terjadi dikarenakan adanya kenaikan harga minyak dunia,’’ ujarnya.

Dikatakan Zulfan, pihaknya akan terus melakukan pemantauan harga bahan pokok dengan pihak terkait, agar tidak terjadinya kecurangan baik dari pedagang maupun dari distributor. Bagi masyarakat yang memiliki informasi bagi agen dan pangkalan yang menjual gas elpiji melebihi harga eceran tertnggi (HET) yang telah ditetapkan agar dapat menyampaikan informasi ke Disdagperin Kabupaten Bengkalis, agar dapat ditindaklanjuti.(ra)

Berita Lainnya

Index