Dampak Positif dan Negatif dari Perkembangan Teknologi di Era Modern

Dampak Positif dan Negatif dari Perkembangan Teknologi di Era Modern
Seiring perkembangan era digital, kita banyak sekali mendapat manfaat bagi kehidupan sehari hari yang tentu saja itu sangat memudahkan segala urusan  kan kita. 
 
Salah satunya Media sosial dapat menghubungkan antara informasi dengan pembaca. Melalui media sosial, berbagai informasi membanjiri ruang publik, arus informasi yang begitu deras tanpa batas. Media sosial dapat bersifat positif apabila dimanfaatkan secara benar untuk mengedukasi dan mengoptimalkan manfaat praktis media sosial. Dampak positif pemanfaatan media sosial juga ditandai dengan berkembangnya marketplace yang mempertemukan penjual dan pembeli, e-comerce,
 
UMKM yang memanfaatkan  toko online, gojek, rental mobil rumahan dan berkembangnya economic sharing resources sehingga semakin masifnya  start- up bisnis yang membuka peluang usaha baru,  menciptakan pasar baru dan menggunakan sarana promosi baru yang efektif dan efesien berkat pemanfaatan positif media sosial.
 
Di sisi lain kemajuan teknologi di zaman sekarang juga dapat memudahkan kan mahasiswa untuk mendapat kan Informasi informasi yang sangat berguna bagi pendidikan.
 
Media sosial juga berdampak negatif, apabila ruang publik dipenuhi oleh informasi yang berseliweran melalui media sosial dengan hoax, informasi palsu (fake news), informasi keliru (false news) yang memiliki daya kerusakan yang dahsyat karena penyebarannya yang sangat cepat tanpa batas dan mampu membangkitkan emosi yang sangat kuat.
 
Tak hanya itu kita sebagai orang tua harus bisa mengatasi anak-anak dari pengaruh negatif dari teknologi tersebut.yang semisal nya dengan cara tidak mengizin kan anak memaikan ponsel  sendirian atau harus dalam pengawasan orang tua.
 
Penulis: Mia Audina, Mahasiswi Jurusan Ilmu Komunikasi, Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (STISIP) Persada Bunda

Berita Lainnya

Index