Kini Kasus Aktif Covid-19 di Pekanbaru Capai Seribu Lebih

Kini Kasus Aktif Covid-19 di Pekanbaru Capai Seribu Lebih
Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, Zaini Rizaldy Saragih

PEKANBARU, RIAUREVIEW.COM --Kasus Covid-19 di Kota Pekanbaru terus melonjak dari awal Februari 2022 hingga saat ini. Data dari Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, kasus aktif Covid-19 kini mencapai 1.149 kasus.

Pasien positif Covid-19 ini telah menjalani isolasi terpusat dan secara mandiri. Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, Zaini Rizaldy Saragih menyebut, bahwa pasien yang positif diarahkan ke isolasi terpusat, apabila pasien tersebut hanya memiliki gejala ringan.

"Sementara pasien positif tanpa gejala, kita perbolehkan isolasi di rumah. Tapi dengan syarat, tetap diawasi puskesmas terdekat," terang Zaini, Minggu (13/2/2022). 

Menurutnya, pasien yang memiliki gejala sedang dan berat nantinya bisa dirujuk ke rumah sakit. Ia juga mengakui bahwa selama Februari ini kasus cenderung meningkat.

Walau demikian saat ini tidak ada kasus dengan gejala berat atau mengkhawatirkan. Ia juga memastikan bahwa rumah sakit sudah menyiagakan ruang isolasi.

"Selain yang ada di rumah sakit, ada juga ruang isolasi yang telah disiapkan di fasilitas pemerintah," ulasnya. 

Satgas juga menyiagakan ruang isoter yang berada di fasilitas milik pemerintah kota maupun Pemerintah Provinsi Riau. Petugas kesehatan di rumah sakit juga siaga di fasilitas kesehatan yang terdapat ruang isolasi khusus bagi pasien Covid-19.

Total ada 923 tempat tidur di ruang isolasi yang ada di rumah sakit pemerintah dan swasta. Satgas juga menyiagakan ruang isolasi di lima fasilitas isolasi terpusat. Kelima isolasi terpusat yakni Rusunawa Rejosari, BPSDM, Bapelkes, LPMP dan Asrama Haji Riau.

 

Sumber: riauaktual.com

Berita Lainnya

Index