Terpilih Secara Aklamasi, Ewok Kembali Pimpin Koperasi BBDM Periode 2022-2027

Terpilih Secara Aklamasi, Ewok Kembali Pimpin Koperasi BBDM Periode 2022-2027
RAT : Pengurus Koperasi Bukit Batu Darul Makmur (BBDM) Kecamatan Bukit Batu dibawah kepengurusan Suwitno Pranolo alias Ewok menggelar RAT Tahun Buku 2021, sekaligus melakukan pemilihan pengurus baru periode 2022-2027, Sabtu (19/2/2022).(FOTO)

BENGKALIS, RIAUREVIEW.COM — Untuk memenuhi amanat Pasal 77 ayat 2 Kementerian Koperasi RI Nomor 09 Tahun 2018 tentang penyelenggaraan dan pembinaan, perkoperasian, kelembagaan koperasi wajib melaksanakan Rapat Tahunan, khususnya meminta pertanggungjawaban pengurus dan pengawas dalam menjalan tugasnya.

Merujuk pada ketentuan tersebut, Pengurus Koperasi Bukit Batu Darul Makmur (BBDM) Kecamatan Bukit Batu dibawah kepengurusan Suwitno Pranolo alias Ewok menggelar  Rapat Tahunan Buku 2021 dan sekaligus melakukan pemilihan pengurus baru periode 2022-2027, Sabtu (19/2/2022).

Dalam sambutannya, Suwitno Pranolo menyampaikan, jika periode kepengurusannya sudah berakhir Februari 2022. Hal penting yang telah  dilakukan adalah membawa persoalan internal organisasi ke PTUN Pekanbaru dan hasilnya memenangkan gugatan serta telah mempunyai putusan hukum tetap (inkrah).

“Saya juga sudah berjalan untuk memperjuangkan hak-ha anggota dalam kerjasama kebun plasma sawit yang belum dibagikan oleh PT Surya Dumai Agrindo (SDA). Kepengurusan ini juga telah membawa masalah ke Dirjen Adwil Kemendagri RI . Disana sudah ada enam butir kesepakatan yang harus ditaati dan dilaksanakan oleh PT SDA sebagai mitra,”katanya Ewok.

Dikatakannya lagi, untuk urusan ini diharapkan kepada semua anggota bersabar dan tetap optimis menyikapi apa yang telah diputuskan oleh Dirjen Adwil Kemendagri  RI.

Sementara itu, Ketua Dekopinda Kabupaten Bengkalis H. Jamaluddin, SH, MH yang turut hadir dalam kesempatan itu, menyampaikan terimakasih kepada Suwitno Pranolo, selaku pengurus Koperasi BBDM Kecamatan Bukit Batu, yang telah mampu bersinergi bersama pengawas dalam menjalankan usaha-usaha pokok Koperasi BBDM. Terutama dalam hal memperjuangkan kebun plasma sawit yang blm direalisasikan PT. SDA hingga ketingkat pusat.

“Sekiranya kepada pengurus Koperasi BBDM agar pengurus dan pengawas tetap berpedoman pada ketentuan perkoperasian dalam menjalankan roda perkoperasian. Segera melaporkan hasil RAT koperasi ini dan RAT 3 tahun berturut-turut ke Kemenkop RI, guna mendapatkan Sertifikat NIK Koperasi,”kata Jamaluddin.


Usai menyampaikan pertanggungjawaban pengurus dan pengawas periode 2017-2022. Agenda RAT selanjutnya dilaksanakan pemilihan pengurus Kop BBDM Periode 2022-2027. Pimpinan rapat pemilihan Pengurus dan Pengawas Wan M Sabri membacakan tata tertib pengurus dan peserta RAT.

RAT kali ini telah memenuhi quorum dan menyepakati secara musyawarah mufakat memilih secara Aklamasi  Suwitno Pranolo untuk kembali terpilih dan dipercayakan sebagai Ketua Koperasi BBDM Kecamatan Bukit Batu periode 2022-2027 atau untuk lima tahun kedepan.(ra)

Berita Lainnya

Index