Warga Binaan Lapas Bengkalis yang Belum Vaksin Kembali di Data

Warga Binaan Lapas Bengkalis yang Belum Vaksin Kembali di Data
VAKSIN : Optimalkan progam vaksinasi bagi seluruh Warga Binaan, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Bengkalis melakukan koordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Bengkalis, Rabu (9/3/2022).(FOTO)

BENGKALIS, RIAUREVIEW.COM — Dalam upaya mengoptimalkan progam vaksinasi bagi seluruh Warga Binaan, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Bengkalis melakukan koordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Bengkalis, Rabu (9/3/2022).

Dinas Dukcapil Bengkalis bersama Tim Moblie Kependudukan (Modul) langsung bekerja untuk melakukan pendataan dan pengecekan NIK terhadap 232 orang Warga Binaan Lapas dengan menggunakan elemen data awal.

Pendaataan itu mulai dari, nama orang yang bersangkutan, tempat tanggal lahir, nama orang tua, selanjutnya jika datanya tidak ditemukan juga maka dicari dengan menggunakan Geometrik menggunakan sidik jari dan iris mata.

“Kita hari ini di Lapas Kelas II A Bengkalis diminta untuk menyelesaikan data untuk vaksinasi, bagi warga binaan Lapas Bengkalis sebanyak 232 orang, sementara masih ada sekitar 110 orang warga binaan lagi, yang akan kita selesaikan Senin depan,”ungkap Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Bengkalis H. Ismail melalui Koordinator Lapangan Suyatno, SH.

Terpisah, Kepala Lapas Kelas II A Bengkalis Edi Mulyono saat dihubungi, Rabu (9/3/2022) mengatakan, pendataan melalui teknik geometrik ini dilaksanakan berkerjasama dengan TNI, Polri dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bengkalis.

“Iya benar, ini kita sedang kerjasama dengan TNI, Polri dan Disdukcapil dalam rangka pendataan geometrik untuk pencapaian vaksinasi. Setelah didata langsung di vaksin dan sudah mencapai 1.800 an. Ini juga ada yang baru masuk Lapas, makanya perlu di cek apakah sudah di vaksin, untuk tahap I dan II,”urainya.

Dikatakannya, kerjasama ini juga sebagai bentuk dukungan meratanya vaksinasi, khususnya bagi warga binaan Lapas. Sebab, salah satu syarat vaksin adalah Nomor Induk Kependudukan (NIK).

"Kerjasama ini dilakukan untuk mendukung meratanya vaksinasi, khususnya bagi Warga Binaan. Sehingga tercapainya target vaksinasi,”katanya.

Selain itu juga, sambungnya, pelaksanaan vaksin juga sudah dituntaskan untuk petugas dan WBP Lapas kelas IIA Bengkalis. Kegiatan vaksin, turut dihadiri Kapolres Bengkalis AKBP Indra Wijatmiko. Kapolres Bengkalis langsung melakuan pengecekan pelaksanaan vaksinasi covid-19 dosis II bagi WBP Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Bengkalis.

Untuk warga binaan pemasyarakatan (WBP) sebelumnya sudah dilakukan vaksin Dosis II, hari ini kembali dilakukan vaksinasi Dosis III Booster untuk 72 orang, kegiatan vaksinasi dimulai pada pukul 08:30 WIB hingga selesai dengan melibatkan vaksinator dari tim medis kesehatan dan tim medis Lapas.(ra)

Berita Lainnya

Index