Lantik 147 Pejabat, Bupati : Pejabat Yang Dilantik Harus Jadi Pengayom dan Pelayan Masyarakat

Lantik 147 Pejabat, Bupati : Pejabat Yang Dilantik Harus Jadi Pengayom dan Pelayan Masyarakat
LANTIK PEJABAT : Bupati Bengkalis Kasmarni melantik pejabat dilingkungan Pemkab Bengkalis. Tampak Kadiskominfotik Bengkalis Hendrik Dwi Yatmoko menandatangani berita acara pelantikan, sumpah/janji dihadapan Bupati, Kamis (31/3/2022).(sukardi)

BENGKALIS,RIAUREVIEW.COM - Setelah lama dinantikan, akhirnya Bupati Bengkalis Kasmarni melantik  147 pejabat dilingkungan Pemkab Bengkalis. Pejabat tersebut mulai dari Jabatan Pimpinan Tinggi (Eselon II), Pejabat Administrator, Pengawas dan Non Eselon.

Pelantikan 147 pejabat tersebut berlangsung di Aula Dang Merdu, Lantai IV Kantor Bupati Bengkalis, Jalan Ahmad Yani, Kamis (31/3/2022). Pejabat yang dilantik dan diambil sumpah/janji diantaranya 9 Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT), 53 pejabat administrator, 82 pejabat pengawas dan 3 non esselon.

Dalam kesempatan tersebut, semuanya wajah lama. Untuk JPT, 9 pejabat diantaranya Rinto, SE, M.Si dipercaya menjabat Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Bengkalis, Hambali, S.Pd.I mendapat amanah Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Bengkalis.

Kemudian, dr. Azahari Effendy diberi amanah menjabat Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Bengkalis. Agus Sofyan, SSTP, MPA diberi amanah menduduki jabatan Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Bengkalis. Selanjutnya, Hendrik Dwi Yatmoko, S.Sos, MT mendapat amanah menduduki jabatan Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kabupaten Bengkalis.

Lalu, Kepala Dinas PUPR Kabupaten Bengkalis Ardiansyah, ST,MT diberi amanah, yang sebelumnya menjabat Sekretaris Dinas PUPR Kabupaten merangkap Plt. Kadis PUPR Kabupaten Bengkalis.

Kemudian lagi, Syahruddin, SH, MM mendapat amanah menjabat Kepala Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Bengkalis. Zulpan, ST diberi amanah menjabat Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Bengkalis.

Dan terakhir adalah, Dr. H. Aready, SE, M.Si mendapat amanah jabatan Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Bengkalis.

Dalam arahannya, Bupati Kasmarni mengatakan, pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan hari ini, sejatinya dilakukan atas dua tujuan, yaitu untuk meningkatkan kapasitas kelembagaan perangkat daerah dan yang kedua, bagian dari pola pembinaan karier pegawai, guna meningkatkan kinerja, dalam mempercepat tercapainya visi, misi serta program unggulan derah. 

"Karena ukurannya adalah kinerja, maka pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan ini, harus dimaknai dari sudut kepentingan pemerintah daerah, bukan sekedar penempatan figur-figur pejabat pada jenjang jabatan dan kepentingan-kepentingan tertentu," tegas Kasmarni.

Sebelumnya, Kanjeng Mas Tumenggung Kasmarni Purbaningtyas juga memberikan ucapan selamat dan tahniah kepada para pejabat yang telah dilantik dengan menyelipkan sejumlah pesan penting.

"Jadilah pejabat yang amanah, peka terhadap situasi, selalu mengakomodir berbagai aspirasi, tanggap dan tidak hanya memikirkan diri sendiri. Terus tingkatkan kinerja, maksimalkan pekerjaan sesuai bidang tugas yang telah dipercayakan serta selalu munculkan ide- ide dan inovasi, untuk membangun Kabupaten Bengkalis Bermasa," pesan Kasmarni.

Dengan sikap tegas, Bupati Wanita tersebut meminta kepada seluruh pejabat yang dimutasi. Pertama, tidak membawa aset ketempat kerja yang baru. Kedua, agar mempercepat pengusulan KPA dan USER ID guna mempercepat pelaksanaan pengadaan barang dan jasa. 

"Kepada Kepala BKPP, saya perintahkan, SK pelantikan ini jangan diserahkan, sebelum pejabat yang dilantik melampirkan bukti serah terima asetnya," kata Kasmarni.

Menurutnya, pejabat pimpinan tinggi pratama harus dapat memotivasi ASN melalui kepeloporan dalam bidang tugas, pengembangan kerjasama dan keteladanan dalam menjalankan nilai dasar, kode etik dan perilaku.

Sedangkan kepada Pejabat administrator, diminta agar benar-benar berkorelasi positif bagi peningkatan kinerja, disiplin serta kualitas dalam pelaksanaan seluruh program dan kegiatan pelayanan publik, serta administrasi pemerintahan dan pembangunan.

Tampak hadir dalam pelantikan tersebut, pimpinan DPRD Bengkalis Khairul Umam, Kapolres Bengkalis diwakili Kabag Ops Kompol Irnanda Oktaria, Kejari Bengkalis Rakhmat Budiman, Ketua Pengadilan Agama Bengkalis Hasan Nul Hakim, Wakil Ketua Pengadilan Negeri Bengkalis, Yona Lamerossa Ketaren. Hadir juga Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Johansyah Syafri, Kepala BKPP Djamaluddin dan seluruh Kepala Perangkat Daerah dilingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkalis.(ra)

Berita Lainnya

Index